Kamis 21 Jan 2016 12:13 WIB

Fakta Mentega yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Mentega
Foto: flickr
Mentega

REPUBLIKA.CO.ID, Mentega memiliki posisi yang penting saat Anda ingin memasak kue atau biskuit sebagai teman cemilan di rumah. Keberadaannya tidak bisa dihilangkan dan digantikan jika menginginkan hasil terbaik ketika memasak.

Tapi sering kali Anda dibuat bingung dengan variasi mentega di supermaket atau toko kue. Ahli kue dan penulis buku Alice Medrich akan membantu Anda untu mengenal lebih jauh seputar dunia mentega.

Dikutip dari Foxnews, mentega secara nyata mengandung setidaknya 80 persen lemak susu. Hal yang harus Anda ingat adalah, pertimbangan tingkat lemak dan kadar air akan sangat membuat perbedaan, terutama pada makanan yang dipanggang.

Mentega merupakan jenis olahan dari susu. Hanya saja di pasaran ada beberapa susu yang digunakan untuk membuat mentega, sehingga mempengaruhi pula dengan kandunganan yang berada di dalamnya.

Mentega dari Eropa terbuat dari krim yang telah difermentasi dengan bakteri baik dan harus dihancurkan lebih lama dari jenis lainnya. Ada juga mentega yang berlabel gaya Eropa hampir sama dengan mentega pada umumnya.

Kedua tipe mentega tersebut memiliki kadar air yang sedikit, karena lemak susu yang terkandungnya sekitar 82 hingga 87 persen. Rasanya lebih tajam dan intens, juga ada sedikit rasa manis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement