Kamis 14 Jan 2016 07:50 WIB

Disneyland Shanghai Buka Juni Tahun Ini

Disneyland Shanghai
Foto: dok Disneyland Shanghai
Disneyland Shanghai

REPUBLIKA.CO.ID, Pada tahun 2005, Disneyland dibuka di Hong Kong. Selain itu Disneyland juga ada di Tokyo, California, Florida, dan Paris. Kini Disneyland segera membuka wahananya di Shanghai, Cina.

Rencananya pada 16 Juni 2016 Disneyland Shanghai terbuka untuk umum. Pembangunan Disneyland di Shanghai sebenarnya sudah digagas sejak akhir 1990 dan presiden Cina saat itu Xi Jinping mendukungnya. Menurutnya, Cina membutuhkan pasar hiburan dengan basis budaya yang beragam.

Disneyland Shanghai merupakan joint venture antara Disney dan perusahaan Shendi Group. Disneyland Shanghai terletak di Pudong tak jauh dari bandara.

Sejauh ini Disney belum mengumumkan berapa harga tiketnya. Tapi pada saat dibuka dikabarkan akan ada perayaan selama beberapa hari penuh, dikutip dari Malay Mail Online, Kamis (14/1).

Disneyland Shanghai dibangun dengan biaya 5,5 miliar dolar AS. Sedianya akan dibuka tahun lalu. Sejumlah wahana menarik di sana adalah Enchanted Storybook Castle, yang paling tinggi diantara taman Disney lain. Hingga hotel bertemakan Toy Story dan teater Broadway yang menampilkan cerita Lion King.

Disnyeland Shanghai juga akan merefleksikan budaya Cina, sesuatu yang dipastikan pemerintah harus ada sebelum mengizinkan perusahaan AS masuk ke Cina. "Ketika dibuka Juni, resor Shanghai Disney akan menawarkan sesuatu yang berbeda. Destinasi dunia yang autentik Disney dan berbudaya khas Cina," ujar keterangan tertulis pihak Disney.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement