Rabu 13 Jan 2016 08:30 WIB

Amankah Menggungah Foto Anak di Media Sosial?

Rep: Puti Almas/ Red: Andi Nur Aminah
Foto-foto bayi di media sosial (ilustrasi)
Foto: safebee
Foto-foto bayi di media sosial (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi orang tua, anak bagaikan harta yang tak ternilai harganya. Hal ini membuat Anda yang sudah memiliki buah hati sering kali ingin membagikan kebahagiaan itu dengan menguggah foto-foto mereka kepada banyak orang melalui sosial media. 

Namun, apakah memperlihatkan wajah anak-anak Anda melalui media sosial merupakan ide yang baik? Dilansir Safe Bee, beberapa ahli mengatakan hal ini tergantung dari seberapa pintar para orang tua melakukan proteksi. 

Foto yang dengan mudah Anda bagikan di media sosial dengan mudah dilihat siapapun. Entah itu orang terdekat Anda, maupun orang-orang yang mungkin belum Anda ketahui sepenuhnya. 

Belum lagi, dengan Anda menampilkan informasi pribadi anak melalui foto-foto mereka misalnya sedang memakai seragam sekolah, maupun tempat bermain yang biasa dikunjungi, sadarkah Anda jika semua ini berpotensi untuk mengundang niat jahat orang-orang yang tak bertanggung jawab?

Meski dalam sebuah penelitian jarang ada pedofil yang mengincar anak-anak dengan melihat foto mereka melalui media sosial, Anda harus tetap mengambil tindakan pencegahan. Berikut beberapa hal pintar yang bisa Anda lakukan agar tetap bisa membagi foto sang anak, sekaligus tetap melindunginya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement