Rabu 06 Jan 2016 14:23 WIB

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memasak Daging Beku

Rep: c32/ Red: Andi Nur Aminah
Daging sapi beku
Foto: Republika-Wihdan Hidayat
Daging sapi beku

REPUBLIKA.CO.ID,  Kemajuan teknologi juga merambah alat-alat memasak. Salah satunya slow cooker. Dalam dunia serba cepat, Anda pasti lebih memilih memasukan daging beku sayuran ke dalam slow cooker untuk menghemat waktu persiapan makan malam.

Hanya saja perlu hati-hati jika memasak dengan cara ini. Seperti dilansir Safebee beberapa waktu lalu slow cooker tidak andal untuk mengolah daging hingga suhu yang aman secara merata atau cukup cepat.Karena itu sebaiknya masaklah daging dengan kompor dan alat yang sudah dipanaskan dulu sebelumnya. 

(Baca Juga: Jangan Biarkan Daging Terlalu Lama di Luar Kulkas).

Selain cara memasak, penyimpanan daging sejak membeli di supermarket atau pasar juga harus diperhatikan. CEO StopFoodBorneIllness.org Deirdre Schlunegger mengatakan menjaga daging untuk tetap terpisah dari makanan lainnya merupakan kunci untuk mencegah keracunan makanan.

"Ketika membeli daging di toko, pastikan dibungkus rapat dan dikantongi terpisah dari bahan makanan lain untuk mencegah cairan dari daging bocor dan mengenai makanan lainnya,” ungkap Schlunegger.

Setelah tiba di rumah, tempatkan daging sapi, ayam, dan ikan dalam wadah yang tertutup atau dibungkus plastik. Kemudian taruhlah di lemari es. “Ketika mempersiapkan daging, makanan laut, dan unggas gunakan talenan terpisah, dan bersihkan secara menyeluruh setelah menggunakannya,” tutur Schlunegger.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement