Selasa 05 Jan 2016 16:01 WIB

Anak-Anak Jepang Tersehat Sedunia? Ini Alasannya

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Anak-anak di Jepang dibiasakan dengan gaya hidup sehat sejak dini.
Foto: japantimes
Anak-anak di Jepang dibiasakan dengan gaya hidup sehat sejak dini.

REPUBLIKA.CO.ID, Selain karena budayanya, Jepang juga terkenal dengan gaya hidup serta makanan sehat yang dikonsumsi warganya. Dalam buku Secret of the World's Healthiest Children, penulis Naomi Moriyama dan William Doyle bahkan menyatakan bahwa anak-anak Jepang merupakan yang tersehat di dunia. 

Salah satu rahasia yang membuat anak-anak Jepang tumbuh sehat adalah penyajian menu makanan tradisional sehat dalam keluarga yang sudah mentradisi. Kesehatan anak-anak Jepang yang menonjol ini juga didukung oleh sebuah penelitian komprehensif pada 2012 lalu yang disponsori oleh Gates Fondation. 

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet tersebut menemukan bahwa anak-anak yang lahir di Jepang cenderung memiliki tubuh yang sangat sehat dibandingkan anak-anak lain dan memiliki umur panjang.

Menurut kedua penulis, menu makanan yang kerap disajikan di Jepang bagi anak-anak merupakan menu ideal. Pasalnya, makanan-makanan tersebut mengandung lebih sedikit gula, garam hingga makanan olahan lainnya. Selain itu menu tradisional Jepang juga sering menggunakan sayuran dan buah-buahan serta disajikan dalam porsi yang tepat pada piring yang kecil.

Anak-anak yang tumbuh di Jepang juga cenderung tidak terlalu 'terganggu' oleh berbagai gadget seperti ponsel, tablet hingga televisi. Salah satu penulis, Moriyama, juga menghabiskan masa kecil di Jepang. Moriyama mengatakan anak-anak Jepang cenderung didorong oleh keluarganya untuk bermain permainan outdoor serta berolahraga sebagai sebuah kebiasaan sehari-hari.

Selain terjaga di rumah, tumbuh kembang anak-anak Jepang juga mendapatkan perhatian yang baik di sekolah. Sekolah-sekolah Jepang biasanya menyiapkan menu makan siang yang sehat bagi murid-muridnya. Selain itu, sekolah juga mengajarkan kebersihan dengan meminta tiap murid  membersihkan sendiri alat makannya setelah bersantap siang. 

Akan tetapi, di saat yang sama, sekolah Jepang juga mengajarkan agar anak-anak tidak takut kotor dengan menanam sayur-sayuran. Di Jepang, anak-anak sekolah juga dibiasakan untuk berjalan kaki atau bersepeda ke sekolah daripada menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Dengan begitu, fisik anak-anak pun dapat terlatih dan kebugaran tubuh anak-anak terjaga dengan prima. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement