Selasa 05 Jan 2016 07:53 WIB

Kepribadian Anda Bisa Terlihat dari Status Facebook

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Tampak seorang pria sedang mengakses laman sosial media, Facebook.
Foto: EPA
Tampak seorang pria sedang mengakses laman sosial media, Facebook.

REPUBLIKA.CO.ID, Facebook kini dibanjiri dengan gambaran kehidupan seseorang yang seolah sempurna. Penelitian terbaru menunjukkan setidaknya ada beberapa kepribadian yang bisa terlihat dari status Facebook seseorang.

Dilansir dari The Fuss, Selasa (5/1), penelitian ini dilakukan sekelompok psikolog di Brunel University of London. Mereka mensurvei 555 akun Facebook untuk mengukur setidaknya lima kepribadian utama, yaitu introvert, neurotisisme, terbuka, ramah, dan narsis.

Orang yang suka minder dan kurang percaya diri biasanya sering menulis status tentang kehidupan romantis bersama pasangan. Orang narsis biasanya sering memperbaharui status karena ingin diperhatikan oleh komunitas pengguna Facebook. Hal itu diperkuat dengan banyaknya tanda suka (like) yang mereka butuhkan.

(baca juga: Kenali Tipe Kepribadian Lewat Rasa Es Krim Favoritmu)

Orang narsis juga menggunakan Facebook untuk menyiarkan penampilan fisik mereka. Dosen psikologi, Dr Tara Marshall mengatakan penting untuk memahami alasan seseorang menulis status tentang topik tertentu di Facebook.

"Orang yang menerima banyak komentar dan tanda suka cenderung mendapat manfaat dari inklusi sosial, sementara mereka yang tidak menerima komentar atau tanda suka sering merasa dikucilkan," katanya.

Orang narsis merasa terbayar dengan tanda suka dan komentar di status mereka. Bisa jadi sebagian teman-teman di Facebook benar-benar menyukai statusnya, namun bisa jadi juga mereka sesungguhnya merasa terganggu.

Tim peneliti mengatakan penelitian lebih lanjut tentang hal ini perlu dilakukan. Hal ini khususnya bagaimana status Facebook seseorang membuat pengguna Facebook lain ingin menyingkirkan mereka dari pertemanan (unfriend).

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement