Ahad 20 Dec 2015 08:01 WIB

Membuat Balita Nikmati Musik di Mobil

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Penelitian terbaru menunjukkan mengasah selera musik anak di mobil itu sederhana, misalnya menyalakan radio selama perjalanan.
Foto: wired
Penelitian terbaru menunjukkan mengasah selera musik anak di mobil itu sederhana, misalnya menyalakan radio selama perjalanan.

REPUBLIKA.CO.ID, Membawa buah hati yang masih balita melakukan perjalanan jauh, misalnya pulang kampung atau mudik dengan mobil bisa sangat membosankan untuk mereka. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah menghibur dengan alunan musik.

Penelitian terbaru menunjukkan mengasah selera musik anak di mobil itu sederhana, misalnya menyalakan radio selama perjalanan. Ini mendorong balita menghargai berbagai warna musik, berdasarkan penelitian Journal of Research in Music Education.

Studi kecil dilakukan pada lima keluarga dengan sembilan anak berusia rata-rata 10 bulan hingga empat tahun. Orang tua diminta untuk membuat catatan bagaimana anak-anak mereka bereaksi terhadap berbagai jenis musik selama sembilan pekan menggunakan mobil ke berbagai rute perjalanan.

Dilansir dari Mother and Baby UK, Ahad (20/12), ruang terbatas dimana ayah dan ibu duduk di kursi terdepan sementara balita duduk di kursi belakang sering menjadi hambatan. Oleh sebabnya orang tua perlu berinisiatif duluan dengan mengajak anak-anak di belakang bernyanyi bersama.

Kepala studi, Lisa Huisman Koop, menyarankan orang tua perlu membiarkan anak-anak mereka bersenang-senang dengan musik. Semakin selaras anak dengan musik di mobil, semakin baik.

Selain radio, orang tua juga bisa menyiapkan beberapa lagu ke dalam flashdisk atau CD yang merupakan lagu-lagu ceria kesukaan anak. Dengan demikian, anak akan kian antusias dan menikmati perjalanan tanpa rasa bosan. Bagaimana pendapatmu?

(baca: Ajarkan Anak Menulis Dimulai dengan Teknik Tracing)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement