Jumat 18 Dec 2015 14:32 WIB

Ini Dia Tips Memasak Nasi Ala Chef Yuda Bustara

Rep: C01/ Red: Indira Rezkisari
Hal terpenting dalam memasak nasi ialah memilih jenis yang tepat sesuai fungsinya.
Foto: pixabay
Hal terpenting dalam memasak nasi ialah memilih jenis yang tepat sesuai fungsinya.

REPUBLIKA.CO.ID, Seiring dengan perkembangan zaman, berbagai teknologi mutakhir telah diciptakan untuk memudahkan proses memasak nasi. Meski sudah didukung bebagai kemudahan, ada beberapa hal mendasar yang perlu diperhatikan dalam memasak nasi agar memiliki kualitas yang lebih baik.

Dalam memasak nasi, koki muda dan berbakat Yuda Bustara mengatakan hal terpenting dalam memasak nasi ialah memilih jenis yang tepat sesuai fungsinya. Pasalnya, ada banyak sekali jenis beras yang beredar di pasaran dan tidak semua jenis beras dapat digunakan untuk semua jenis masakan.

Yuda mencontohkan ada beberapa jenis beras yang kerap ditemui di pasaran, di antaranya ialah nasi yang lengket, berbentuk panjang serta pendek. Memilih beras yang tidak sesuai dengan fungsinya hanya akan membuat masakan menjadi tidak optimal.

"Karena beras, beda jenis, biasanya dia beda juga teksturnya. Misalnya, beras untuk sushi akan berbeda dengan beras yang digunakan untuk risotto. Sushi menggunakan beras yang long grain, nasi Jepang, risotto menggunakan jenis khusus namanya Arborio," jelas Chef Yuda kepada Republika.co.id usai melakukan demo masak pada Philips Mother's Day Cooking Class di Hotel Pullman.

Selain itu, untuk menjaga kandungan nutrisi pada beras, Yuda menyarankan agar beras yang akan dimasak tidak dicuci terlalu bersih. Pasalnya, kandungan nutrisi pada beras terdapat di bagian luar beras. Karena itu, Yuda menyarankan agar pencucian beras hanya dilakukan 2-3 kali saja sebelum dimasak.

"Kalau terlalu banyak dicuci, nutrisinya juga ada yang hilang," lanjutnya.

Yuda juga mengatakan nasi yang sudah dimasak idealnya disimpan dalam rice cooker paling lama selama satu hari. Akan tetapi, rice cooker yang tepat dapat membuat nasi yang sudah dimasak bisa disimpan dengan lebih lama.

(baca: Mona Ratuliu tak Bisa Lepas dari Masakan Indonesia)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement