Rabu 16 Dec 2015 11:38 WIB

Merendam Pakaian Terlalu Lama Justru Sebabkan Bau

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari
Mencuci pakaian di musim hujan perlu ketelitian. Kurangnya sinar matahari membuat pakaian bisa berbau.
Foto: ist
Mencuci pakaian di musim hujan perlu ketelitian. Kurangnya sinar matahari membuat pakaian bisa berbau.

REPUBLIKA.CO.ID, Mencuci pakaian agar tetap wangi dan segar ketika musim penghujan  memang menjadi pekerjaan sulit. Tak jarang, karena pakaian tak terjemur maksimal, aroma baju menjadi apak dan tak sedap.

Brand Manager Fabric Home Care PT Kao Indonesia Erwin Djajadi mengatakan penyebab bau apak pada baju bisa juga dikarenakan pada pemilihan deterjen yang kurang tepat dan lamanya waktu merendam pakaian.

"Dianjurkan merendam baju cukup setengah jam saja. Kalau merendam terlalu lama,  sepanjang malam, misalnya, itu juga bisa menjadi penyebab bau apak," jelas Erwin.

Menurutnya, merendam pakaian menggunakan deterjen dalam waktu yang cukup lama, tidak menjamin pakaian akan beraroma wangi. Hal itu justru bisa menjadi pemicu lahirnya bau apak pada baju.

Setelah itu, faktor yang dapat menghindarkan pakaian dari aroma apak adalah proses penjemuran. Ia menyarankan agar penjemuran bisa dilakukan semaksimal mungkin. "Karena ini termasuk dalam faktor yang menentukan pakaian menjadi apak atau tidak," ujarnya.

(baca juga: Gwyneth Paltrow Simpan Gaun Oscarnya untuk Sang Putri)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement