Ahad 21 May 2023 15:24 WIB

Kiat Jaga Baju tidak Mudah Rusak, Jangan Sering Dicuci

Jeans bisa dipakai tiga hingga empat kali baru dicuci.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Mencuci baju/ilustrasi
Foto: Mgrol101
Mencuci baju/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mencuci pakaian tidak sembarangan. Ada sejumlah tip yang perlu Anda ketahui. Mencuci baju dengan benar dimaksudkan agar baju tetap awet, tidak hanya sekali atau dua kali pakai langsung rusak.

Asisten manager marketing communication Pomelo Khalda Larasati mengatakan salah satu tip yang bisa dicontoh adalah jeans yang tidak bisa langsung dicuci setelah sekali pakai.

Baca Juga

Jeans tidak cuma sekali pakai langsung cuci. Ini bisa bantu menghemat air, dari segi polusi air juga mengurangi,” kata Khalda beerapa waktu lalu di kawasan Jakarta Barat.

Menurut dia, secara umum, jeans bisa dipakai tiga hingga empat kali baru dicuci. Khalda mengingatkan jangan terlalu sering atau cepat memutuskan untuk mencuci baju.

“Baju yang sekali pakai belum tentu langsung tidak bisa dipakai lagi. Bisa jadi kita angin-anginin dulu. Tapi tetap tergantung dari pemakaian setiap orang. Karena beda-beda ya, ada yang memang berkeringat sekali," ujarnya.

Sementara itu, untuk pakaian jenis lain, misalnya rajutan dan bulu bisa berbeda cara mencucinya. Di Pomelo, kata Khalda, biasanya ada instruksi perawatannya.

“Mengikuti instruksi perawatan perlu. Karena ada yang harus dicuci tangan dan tidak bisa pakai mesin. Ada pakaian yang berwarna putih dan tidak bisa digabung dengan yang lain. Ada juga yang tinta lebih gelap sehingga harus dicuci terpisah. Jadi, benar-benar harus ikuti instruksinya,” ucapnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement