REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pariwisata bersama dengan Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) meluncurkan branding Pesona Lombok Sumbawa kemarin.
Peluncuran branding dan kalender event tersebut dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB tahun 2016 dengan target 3 juta wisatawan yang terdiri dari 1,5 juta wisatawan nusantara dan 1,5 juta wisatawan mancanegara.
"Branding ini diharapkan menjadi pembuka pintu kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun domestik ke NTB. Kami optimis 3 juta wisatawan akan dicapai pada tahun depan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lalu Moh. Faozal Senin (14/12) di Jakarta.
Dijelaskan lebih lanjut tahun depan NTB juga mulai menjaring wisman asal Timur Tengah, mengacu pada penghargaan yang belum lama ini mereka terima sebagai World Best Halal Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination.
"Kami juga akan menarik wisatawan asal Timur Tengah dengan adanya penghargaan yang berhasil Lombok raih beberapa waktu lalu," kata dia menambahkan.
Selain itu, menurut dia, Timur Tengah saat ini menjadi pasar potensial untuk kunjungan wisatawan ke Indonesia. Meski dalam hal ini masih terdapat kendala dalam menarik wisman Timur Tengah tersebut.
"Kendala ada di konektivitas. Akan tetapi di tahun depan kami akan perpanjang lintasan di bandara untuk memudahkan konektivitas tersebut sehingga pergerakan dari Doha semakin terlihat," tutup dia.