Selasa 15 Dec 2015 10:49 WIB

5 Kegunaan Baking Soda Untuk Kecantikan

Rep: C01/ Red: Indira Rezkisari
Baking soda memiliki beragam manfaat, tak hanya untuk kegunaan di dapur.
Foto: ist
Baking soda memiliki beragam manfaat, tak hanya untuk kegunaan di dapur.

REPUBLIKA.CO.ID, Baking soda merupakan satu bahan yang kerap ditemui dalam resep membuat kue. Akan tetapi, selain berfungsi sebagai bahan pembuat kue, baking soda juga memiliki berbagai fungsi lain yang berguna untuk kesehatan.

Baking soda dapat berfungsi menghilangkan kulit mati jika digosokkan secara halus pada bagian kulit mati. Cukup mudah untuk membua 'ramuan' baking soda sebagai pelembut kulit. Yang diperlukan ialah percampuran baking soda dan air dengan perbandingan 3:1.

Kegunaan lain dari bubuk ajaib baking soda ialah dapat membersihkan rambut dengan lebih baik. Untuk menyulap baking soda sebagai pembersih rambut, campurkan satu sendok makan baking soda dengan eperempat cangkir tepung garut atau arrowroot flour dan satu tetes minyak esensial lavender. Sapukan campuran ke akar rambut dengan kuas secara merata. Setelahnya, tepung Garut akan menyerap minyak pada akar rambut dan baking soda menyerap minyak sekaligus bau pada rambut.

(baca: Studi: Lebih Langsing 6 Kg Buat Wajah Makin Cantik)

Baking soda juga dapat berfungsi sebagai campuran rendaman kaki, untuk membuat kaki menjadi lebih segar setelah tertutup rapat seharian. Yang perlu dilakukan ialah mencampurkan tiga sendok makan baking soda dengan satu baskom air hangat dan juga irisan lemon. Rendam kaki selama 10-15 menit untuk mendapatkan kaki yang lebih segar dan bersih.

Pemutihan gigi tak jarang merogok kocek yang cukup dalam. Terlebih kandungan hidrogen peroksida dalam produk pemutih gigi dapat menyebabkan gigi sensitif. Baking soda dapat menjadi alternatif alami yang dapat membantu memutihkan gigi dengan lebih aman. Caranya, cukup basahkan sikat gigi dan taburkan baking soda di atas sikat gigi. Sikat dan bersihkan gigi dengan air untuk membersihkan noda yang menempel di gigi.

Baking soda juga berguna untuk meringankan kulit yang terbakar sinar matahari. Yang perlu dilakukan ialah mencampurkan empat sendok makan baking soda dengan satu kuart air. Basahkan handuk dengan campuran tersebut dan kompres bekas luka bakar akibat sinar matahari dengan campuran tersebut, dikutip dari Everyday Health, Selasa (15/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement