Rabu 25 Dec 2019 06:25 WIB

Segudang Manfaat Soda Kue Bagi Kesehatan

Soda kue membantu kita mencapai gigi putih.

Rep: Mgrol127/ Red: Didi Purwadi
Baking soda memiliki beragam manfaat, tak hanya untuk kegunaan di dapur.
Foto: ist
Baking soda memiliki beragam manfaat, tak hanya untuk kegunaan di dapur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Soda kue atau baking soda tidak harus selalu ditemukan dalam kue dan makanan panggang lainnya. Ternyata, soda kue juga bagus untuk kesehatan.

Soda kue merupakan bahan dapur popular yang digunakan secara luas dalam memanggang dan membuat kue. Kandungan natrium bikarbonat dari soda kue juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Selain itu, soda kue bisa menjadi exfoliator hebat dan memiliki sifat antiseptik yang bermanfaat bagi kulit dan rambut.

Tapi, tahukah Anda mengenai manfaat lainnya? Ternyata, ada beberapa manfaat soda kue yang mungkin tidak Anda sadari. Berikut lansirannya dari Pinkvilla, Kamis (19/12).

Bekerja dengan baik untuk keasaman

Salah satu manfaat paling populer dari soda kue adalah ia bisa bertindak sebagai agen penetral. Keasaman adalah masalah umum yang sering terjadi. Natrium bikarbonat dalam baking soda dapat menetralkan asam lambung dan mengurangi gejala refluks asam dan masalah lambung lainnya.

Membantu kelancaran fungsi ginjal

Soda kue mengurangi kadar asam dalam tubuh dan membantu menjaga kadar pH. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Society of Nephrology, menyatakan tingkat penurunan fungsi ginjal berkurang pada pasien yang menggunakan soda kue dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakannya.

Membantu atasi nyeri sendi

Tingginya kadar asam urat menyebabkan nyeri pada tubuh, radang sendi, dan asam urat. Menggunakan soda membantu menetralkan kelebihan asam dan dapat berperan menjadi obat yang efektif.

Baik untuk bibir gelap

Soda kue yang juga dikenal sebagai zat pembersih, bekerja dengan baik untuk bibir yang gelap juga. Caranya, Anda bisa tuang soda kue ke dalam mangkuk, tambahkan madu dan aduk hingga tercampur rata.

Oleskan di bibir Anda dan diamkan setidaknya selama 3 menit. Setelah itu, Anda bisa cuci dengan air.

Membantu memutihkan gigi

Soda kue membantu kita mencapai gigi putih. Ini bisa menghilangkan plak pada gigi dan membantu menghilangkan perubahan warna karena kekuatan basa.

Membantu dalam infeksi saluran kemih

Soda kue dan air diketahui bertindak sebagai dinding pelindung terhadap infeksi saluran kemih. Itu salah satu bentuk dari kemampuan soda kue untuk mengurangi kadar asam dalam urin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement