Kamis 27 Apr 2023 06:46 WIB

Hati-Hati, Ini 4 Jenis Pakaian yang Dilarang Dicuci dengan Soda Kue

Ada kain tertentu yang tidak boleh dicuci dengan soda kue.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Soda kue tidak bisa sembarangan digunakan untuk membersihkan noda pada pakaian/ilustrasi.
Foto: onsugar.com
Soda kue tidak bisa sembarangan digunakan untuk membersihkan noda pada pakaian/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Baking soda (soda kue) adalah salah satu bahan pembersih alami yang paling serbaguna, karena kemampuannya menghilangkan noda dan bau. Bahkan, hanya satu sendok teh bahan ini dapat menghilangkan noda membandel yang menempel.

Mulai dari bagian atas yang bernoda hingga bantal yang berubah warna dalam hitungan menit. Namun, pakar binatu dan CEO Laundryheap Deyan Dimitrov telah membagikan kain tertentu yang tidak boleh dicuci dengan soda kue. Simak empat kain berikut, dikutip Express:

Baca Juga

 

1.Kain halus

Kain halus meliputi pakaian yang terbuat dari sutra, wol, kasmir, dan renda. Menurut Deyan, soda kue bisa sangat abrasive dan menyebabkan kerusakan pada serat halus kain.

“Anda tidak ingin merusak blus sutra mahal yang telah Anda simpan untuk acara khusus. Jadi, untuk barang-barang halus ini, sebaiknya gunakan detergen lembut atau bawa ke layanan profesional,” kata dia.

Selain itu, residu putih dari soda kue seringkali dapat memudarkan warna kain karena tingkat pH yang sangat tinggi. Penggunaan soda kue yang berlebihan juga menyebabkan kain seperti wol dan kasmir menjadi kasar. Agar tetap aman, ahli merekomendasikan penggunaan cuka putih untuk mencegah warna memudar dan kain menjadi kasar.

 

2.Pakaian dengan hiasan

Deyan meminta bagi mereka yang memiliki pakaian dengan payet, manik-manik, atau sulaman jangan mencucinya dengan baking soda. “Sifat soda kue yang abrasif dapat merusak atau bahkan melonggarkan hiasan ini, membuat pakaian Anda terlihat kurang bagus,” ujar dia.

 

3.Pakaian berwarna gelap

Pakaian berwarna gelap masuk dalam daftar pakaian yang tidak boleh dicuci dengan soda kue. Meskipun soda kue sangat bagus untuk menghilangkan noda membandel, soda kue juga dapat bertindak sebagai zat pemutih alami yang dapat menyebabkan perubahan warna pada kain berwarna gelap.

“Jika Anda tidak ingin gaun hitam kecil Anda berubah menjadi gaun abu-abu kecil, sebaiknya gunakan deterjen lembut untuk busana ini,” ucap dia.

 

4.Pakaian dengan noda tertentu

Meskipun soda kue dinilai efektif untuk menghilangkan noda tertentu, soda kue bukan solusi untuk semua untuk setiap jenis noda. Misalnya, ahli menjelaskan tidak terlalu efektif menghilangkan noda berbasis minyak, seperti minyak atau oli motor.

Selain itu, dalam beberapa kasus, soda kue dapat membuat noda tertentu, seperti darah atau anggur membuatnya lebih sulit untuk dihilangkan di kemudian hari. Sebagai gantinya, sebaiknya bersihkan jenis noda ini dengan penghilang noda sebelum menambahkannya ke mesin cuci.

Bagi yang ingin menggunakan soda kue untuk menghilangkan noda pakaian, Deyan menyarankan untuk menggunakannya seminimal mungkin. “Lain kali jika kain halus Anda ternoda, campurkan soda kue dengan air untuk menghilangkan noda. Soda kue adalah produk hebat dan umumnya aman digunakan di binatu. Saat digunakan dalam jumlah sedang dan hati-hati, tidak akan menyebabkan warna memudar tetapi selalu berhati-hati saat menggunakannya pada kain halus,” katanya menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement