Ahad 13 Dec 2015 10:06 WIB

Bunda, Ini yang Terjadi di 1.000 Hari Pertama Anak

Rep: C27/ Red: Karta Raharja Ucu
Balita sehat, anak bergaya (ilustrasi).
Foto: Dok Pibadi.
Balita sehat, anak bergaya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty menyatakan, keluarga merupakan pintu awal anak belajar membentuk karakter.

"Pendidikan dalam rangka pembentuk karakter tidak lain dari keluarga, anak sehat dan cerdas dididik 1.000 hari pertama anak," ujar Surya di Gedung BKKBN Banda Aceh, Sabtu (12/12) malam.

Surya menjelaskan, 1.000 hari pertama anak merupakan momen kehidupan yang penting. Rentang waktu tersebut menurut dia, menentukan perkembangan diri dan juga pendidikan bagi anak.

Dampak jangka pendek yang dapat terlihat, kata Surya, yaitu perkembangan otak, pertembuhan tubuh dan komposisi badan, dan metabolisme tubuh. Sedangkan, pada jangka panjang yang dihasilkan dari hasil jangka pendek berupa pengaruh pada kognitif, kekebalan kapasitas kerja, dan penyakit yang bisa diidan berikutnya.

Surya menyarankan, 1.000 hari pertama anak digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan. "Mulai dari kebutuhan kesehatan seperti imunisasi, hingga kebutuhan pendidikan karakter yang diterapkan mulai dari keluarga."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement