Rabu 09 Dec 2015 14:24 WIB

Libur Pemilu Dipakai Warga Pelesir ke TMII

Rep: C33/ Red: Winda Destiana Putri
TMII
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
TMII

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Indonesia Joko Widodo menetapkan tanggal sembilan Desember sebagai hari libur nasional karena bertepatan dengan hari pemungutan suara pada sejumlah daerah yang menggelar Pilkada.

Namun bukannya menggunakan haknya untuk memilih, warga malah berlibur ke lokasi wisata.

Salah satu destinasi wisata yang dipadati pengunjung pada hari ini adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur.

Dari sejak pukul sembilan pagi hingga siang ini masyarakat terus berdatangan ke lokasi ikonik yang dibangun keluarga Soeharto tersebut. Baik itu mobil pribadi, sepeda motor hingga bus turut memenuhi kawasan TMII.

Berdasarkan pantauan Republika, setidaknya ada ratusan orang yang memadati kawasan TMII. Salah satu warga, Surya Handika (46 tahun) mengatakan dirinya datang bersama keluarganya yang berasal dari Depok. Ia merasa lebih membutuhkan liburan dibanding harus datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk memberikan suaranya.

"Biarkan sajalah itu Pemilu toh saya dan keluarga memang ingin berlibur. Karena ada kesempatannya hari ini ya saya pakai saja untuk jalan-jalan," katanya Rabu, (9/12).

Sementara itu, Nita Nurul Hakim (19) mengaku sengaja memilih berlibur ke TMII karena diajak temannya. Perempuan asal Kalibata itu mengaku tidak tahu kalau hari libur kali ini dikarenakan adanya pilkada serentak.

Walau tidak termasuk giliran daerah yang mengadakan pemiliu, Jakarta tetap memberlakukan libur nasional. Ia pun mengaku senang karena tempat kuliahnya memberikannya libur.

"Yah lumayan dapat libur satu hari bisa dipakai jalan-jalan sama teman kan, saya senang walau ini cuacanya panas juga sih," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement