Jumat 04 Dec 2015 11:11 WIB

Nadine Chandrawinata Ketagihan Jelajahi Lembata

Rep: C01/ Red: Indira Rezkisari
Pulau Lembata di NTT merupakan surga bagi pelancong yang menyukai wisata alam yang cantik.
Foto: dok Lembata Underwater
Pulau Lembata di NTT merupakan surga bagi pelancong yang menyukai wisata alam yang cantik.

REPUBLIKA.CO.ID, Aktris sekaligus aktivis lingkungan Nadine Chandrawinata bersama rekan-rekannya belum lama ini menyambangi Pulau Lembata yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Keindahan bawah laut di Lembata yang belum banyak terjamah manusia membuat Nadine ketagihan untuk datang kembali.

Nadine mengaku sudah dua kali mendatangi Lembata untuk mengeksplorasi berbagai kekayaan alam bawah laut yang dimiliki pulau seluas 1.266,39 km persegi ini. Kedatangan pertama Nadine ke wilayah timur Indonesia tersebut pertama kali dilakukan pada Mei 2015 sedangkan kunjungan kedua Nadine berlangsung pada Agustus 2015.

"Belum puas, masih banyak hal yang bisa digali di sana," ungkap Nadine dalam peluncuran buku Lembata Underwater di Gedung Sapta Pesona, Kamis (3/12).

Nadine mengungkapkan Lembata termasuk wilayah yang cukup jauh untuk didatangi. Akan tetapi, jarak yang cukup jauh ini lah yang justru membuat Nadine merasa bahwa Lembata merupakan sebuah destinasi yang istimewa.

(baca: Kaya Biota Laut, Pulau Lembata Miliki Pikachu Hingga Horn Shark)

Dengan mengarungi jarak yang cukup jauh, pemandangan alam dan keindahan bawah laut Lembata seakan menjadi harta karun yang berhasil ditemukan setelah pencarian panjang. Karena itu, Nadine dan 11 temannya terdorong untuk bisa memperkenalkan Lembata kepada masyarakat luas, sehingga semua pihak dapat bersama-sama menjaga keindahan alam tersebut.

"Datang ke sana memang cukup susah, tapi sampai di sana nggak mau cuma sekali (datang)," tambah Nadine.

Salah satu yang membuat Nadine ingin kembali ke Lembata ialah pemandangan menakjubkan dari gunung api aktif Batu Tara. Nadine mengungkapkan ingin kembali ke Lembata dan melihat gunung api aktif di tengah laut yang setiap 20 menit sekali mengeluarkan lavanya.

Mengingat daerah ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dan belum banyak terjamah manusia, Nadine juga mengingatkan agar wisatawan yang ingin berkunjung dapat berperilaku bijak. Nadine berpesan agar para wisatawan yang ingin mengeksplorasi keindahan alam bawah laut atau pun keindahan daratan Pulau Lembata untuk bisa menjaga keasrian alam di sana.

"Mari menjadi smart traveller, smart diver," pesan Nadine.

(baca juga: Nadine Chandrawinata Ajak Tolak Kolam Wisata Lumba-Lumba)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement