Selasa 01 Dec 2015 11:45 WIB

Vindex Tengker Bagi Tips Lezat Masak Ayam Ungkep

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari
Ayam goreng biasanya diungkep lebih dulu, gunakan bumbu ungkep yang sudah ditumis untuk mendapatkan rasa yang lebih sedap.
Foto: dok Royco
Ayam goreng biasanya diungkep lebih dulu, gunakan bumbu ungkep yang sudah ditumis untuk mendapatkan rasa yang lebih sedap.

REPUBLIKA.CO.ID, Ayam ungkep menjadi salah satu masakan tradisional yang digemari masyarakat Tanah Air. Selain rasa yang begitu istimewa, masakan ini juga mudah untuk dibuat di rumah.

Masakan ini merupakan ayam yang dibaluri dengan berbagai jenis bumbu dapur seperti kunyit, lengkuas, bawang merah dan bawang putih. Setelah itu, hanya perlu memasukkan ayam ke dalam panci bersama dengan daun salam dan serai, dan masak hingga matang dengan diungkep atau ditutup.

Chef Vindex Tengker mengungkapkan kini sudah begitu banyak resep tentang memasak ayam ungkep yang nikmat. Baik dari internet, maupun buku-buku masak, semuanya tersedia. Hanya perlu mengikuti semua petunjuk dan cara yang ada di dalamnya.

(baca: Memasak American Risoles, Ini Resepnya)

Namun, bagi kita yang ingin mencoba memasak di rumah dan membuat rasa ayam ungkep sedikit lebih unik sesuai selera, Vindex memberi beberapa tips. Pertama, jangan pernah ragu untuk mencoba menambah bumbu yang disukai.

"Biasanya resep yang sudah otentik memang ada takaran masing-masing, tapi tidak masalah untuk di rumah, yang penting menambahkannya bisa perlahan," ujar Vindex dalam acara peluncuran Royco Bumbu Dasar Ayam Kuning di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia menganjurkan, bumbu yang tepat untuk ditambahkan atau dimodifikasi sesuai selera biasanya berupa rempah-rempah dan daun. Jika sudah berbentuk bubuk, jangan menambahkan secara sembarangan karena pengaruhnya bisa terlalu kuat.

"Kalau rempah-rempah, seperti bawang, cabai, yang belum berbentuk bubuk bisa ditambahkan sesuai selera, terlebih kalau daun-daunan karena tak berpengaruh banyak pada rasa," jelas Vindex.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement