Ahad 29 Nov 2015 14:50 WIB

Wisata Komodo Sajikan Ragam Keindahan

Rep: Nasihin Masha/ Red: Maman Sudiaman
Pulau Komodo
Foto:
Induk komodo menjaga telurnya.

6. Komodo

Komodo hanya menghuni dua pulau yaitu Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Di P Komodo ada sekitar 2.400 ekor dan di P Rinca ada sekitar 2.000 ekor.

Komodo memangsa kerbau dan rusa yang liar. Namun mulai ada pemburu rusa yang membahayakan jumlah konsumsi komodo. Komodo per tahun bisa bertelur 15 hingga 30 butir. Namun yang menetas hanya 20 persen saja.

Komodo bertelur mulai Juli hingga September. Dan menetad 8-9 bulan. Komodo betina menimbun telurnya hingga kedalaman 2 meter. Mulai dari vertikal lalu horizontal. Biasanya komodo membuat beberapa lubang untuk kamuflase. Telur komodo diminati ular dan babi hutan.

Komodo betina menunggu hingga tiga bulan. Setelah diguyur hujan di musim hujan dan tanah menjadi padat komodo betina akan pergi.

Telur yang gagal menetas akan menjadi santapan pertama anak komodo. Setelah itu akan keluar dan memanjat pohon. Anak komodo tinggal di pohon hingga umur tiga tahun. Mereka menyantap tokek dan cicak.

Mereka tinggal di pohon untuk menghindari predator seperti burung elang, ular, dan komodo senior.

Komodo memakan sesama komodo jika kekurangan makanan. Mereka memakan yang lebih muda atau yang sudah tua. Komodo bisa bertahan hidup hingga 40 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement