Senin 23 Nov 2015 07:57 WIB

Kedubes Jepang Perkenalkan Kuliner Halal Negeri Sakura

Rep: C19/ Red: Indira Rezkisari
Kuliner Jepang sudah lama digemari masyarakat Indonesia. Terbukti dengan banyaknya restoran Jepang di Tanah Air.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Kuliner Jepang sudah lama digemari masyarakat Indonesia. Terbukti dengan banyaknya restoran Jepang di Tanah Air.

REPUBLIKA.CO.ID, Kuliner Jepang memiliki tempat tersendiri di banyak lidah orang Indonesia. Menyantap sushi, tempura, teriyaki, hingga ramen bahkan sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Namun, masih banyak orang yang ragu untuk melangkah masuk restoran Jepang. Penggunaan bahan yang belum sepenuhnya berlabel halal jadi alasannya.

Kemarin (22/11), di kediaman Duta Besar Jepang untuk Indonesia, sejumlah kuliner halal Jepang diperkenalkan. "Kami bekerjasama dengan Kementerian Pertanian maupun Kementerian Perikanan Indonesia untuk memperkenalkan masakan khas Jepang yang bisa dikonsumsi secara halal," Dubes Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki di kediaman resminya di Jakarta.

Dia berharap, dengan perkenalan kuliner Jepang halal ini, masyakakat Indonesia dengan komunitas Muslim terbesar bisa menikmati menu khas Negeri Sakura di mana dan kapan saja. "Pada akhirnya, kami berharap hubungan kerjasama antar dua negara bisa lebih erat lagi," tambah dia.

(baca: Kaget Lihat Porsi Makanan di Jepang? Perhatikan Dulu Ini)

Executive Chef Imperial Cooking School Tokyo, Hideyoshi IMAI mengatakan perkenalan menu halal ini memang tidak dilakukan dengan bentuk bekerjasama, semisal dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Tetapi, melalui berbagai informasi yang dihimpun, dia bisa menyimpulkan bagaimana sebuah masakan masuk kategori halal.

"Jadi misalnya tidak ada babi, bisa diganti dengan sapi, ayam, atau bebek. Lalu bebas alkohol," kata Hideyoshi.

Tidak akan ada merk atau brand khusus yang akan dikeluarkan seiring dengan perkenalan menu kuliner halal ini. Acara dimaksudkan hanya untuk menegaskan kepada masyarakat, bahwasanya menu kuliner Negeri Sakura bisa dinikmati secara halal.

Ada sekitar 16 menu yang diperkenalkan, mulai dari berbahan ikan, daging maupun sayuran. Sebut saja, Maguro dan Amberjack Salmon, Chanko Nabe Chicken Miso Style, Canko Nabe Sea Food, Tempura, Grilles Salmon, Buri Daikon, Okinwa Style Yomogi Mix Rice dan masih banyak lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement