Jumat 20 Nov 2015 00:09 WIB

Bagaimana Rasa Makanan di Luar Angkasa?

Space Food
Foto: Wikipedia
Space Food

REPUBLIKA.CO.ID, Anda penggemar makanan dari seluruh dunia? Tentu sudah banyak mencicipi pelbagai hidangan aneh sekaligus ekstrem dari belahan dunia manapun.

Namun, apa Anda pernah memikirikan bagaimana rasa makanan para astronot di luar angkasa sana?

Dilansir laman Psfk, Jumat (20/11) Food Space Systems Laboratory (SFSL) yang merupakan bagian NASA dan bertanggung jawab menyiapkan makanan bagi para astronot mengatakan indra penciuman astronot tidak berfungsi selama melayang di luar angkasa. Tugas mereka menjadi berkurang menghidangkan makanan beraroma sedap karena tidak akan ada yang bisa menciumnya.

Selama berada di luar angkasa manusia kehilangan indra perasa ketika berada di luar angaksa disebabkan tubuh dan benda lain tidak memiliki gaya berat. Hal itu menyebabkan tubuh manusia mempertahankan cairan di wajah dan kepala sehingga menyebabkan perasaan sesak dan tidak dapat merasakan apapun.

Tugas SFSL merancang serta menyimpan makanan hingga bertahan lama dengan kualitas tinggi. Meski makanan tersebut tidak beraroma sedap, namun tetap harus mengandung nutrisi tinggi, mudah dihidangkan dan bisa dikonsumsi di lingkungan hampa udara.

Makanan dan minuman tersebut harus ringan dan dikemas dengan baik. Juga makanan tersebut tidak meninggalkan bekas seperti remah-remah.

"Misi dari SFSL memberikan sistem makanan berkualitas tinggi serta bergizi untuk para astronot dan mudah untuk mereka konsumsi," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement