Selasa 10 Nov 2015 14:18 WIB

Pengasuhan Helikopter Munculkan Bahaya Jebakan Overparenting

Rep: MGROL 47/ Red: Indira Rezkisari
Orang tua perlu membiarkan anak gagal, supaya ia bisa bangkit jadi anak yang tidak selalu dibantu orang tuanya.
Foto: pixabay
Orang tua perlu membiarkan anak gagal, supaya ia bisa bangkit jadi anak yang tidak selalu dibantu orang tuanya.

REPUBLIKA.CO.ID, Julie Lythcott-Haims melihat tren yang cukup mengganggu selama satu dekade sebagai seorang dekan mahasiswa di Universitas Stanford. Siswa yang masuk yang brilian dan berbakat dan hampir sempurna, di atas kertas. Tetapi setiap tahun, lebih dari mereka tampaknya tidak mampu merawat diri.

 

Pada saat yang sama, orang tua menjadi lebih dan lebih terlibat dalam kehidupan anak-anak mereka. Mereka berbicara dengan anak-anak mereka beberapa kali sehari dan menukik secara pribadi campur tangan kapan saja sesuatu yang sulit terjadi. Gaya pengasuhan tersebut dikenal dengan Helicopter Parenting atau pola pengasuhan helikopter.

 

Dari posisinya di salah satu sekolah paling bergengsi di dunia, Lythcott-Haims datang untuk percaya bahwa ibu dan ayah di masyarakat yang makmur telah terpincang-pincang untuk anak-anak mereka, dengan berusaha keras untuk memastikan mereka berhasil. Termasuk dengan bekerja begitu rajin untuk melindungi mereka dari kekecewaan dan kegagalan juga kesulitan.

 

"Overhelping" tersebut dapat membantu anak-anak dalam mengembangkan resume mengesankan untuk masuk perguruan tinggi. Tetapi juga merampas mereka dari kesempatan untuk belajar siapa mereka, apa yang mereka sukai, dan bagaimana untuk menavigasi dunia. Lythcott-Haims berpendapat dalam bukunya "Bagaimana Membesarkan Anak Menjadi Dewasa: Istrahat dari Perangkap Pengasuhan Berlebihan dan Siapkan Anak Anda untuk Sukses."

 

"Kami begitu buruk untuk membantu mereka dengan menggembalakan mereka dari tonggak untuk tonggak dan dengan melindungi mereka dari kegagalan dan rasa sakit. Tapi overhelping penyebab kerusakan anak,"tulisnya. "Hal ini dapat meninggalkan orang dewasa muda tanpa kekuatan dari keterampilan, kemauan dan karakter yang diperlukan untuk mengetahui diri mereka sendiri dan untuk kerajinan kehidupan."

(baca: Lula Kamal Tegaskan Tiga Hal yang tak Boleh Dilanggar Anak)

 

Lythcott-Haims adalah salah satu dari meningkatnya jumlah penulis -termasuk Jessica Lahey ("The Gift of Failure") dan Jennifer Senior ("Semua Joy dan Fun: The Paradox of Modern Parenthood")-  yang mendesak orang tua untuk bernapas dan melonggarkan cengkeraman mereka pada anak-anaknya.

 

"Jangan panggil aku ahli parenting," katanya dalam sebuah wawancara. "Saya tertarik pada manusia berkembang, dan ternyata overparenting semakin terlihat di jalan itu."

Dia mengutip statistik munculnya depresi dan masalah mental dan emosional lainnya pada kesehatan anak muda. Dia telah melihat efeknya dari dekat. Dia menuturkan cerita tentang terlalu terlibatnya ibu dan ayah, dan statistik saham tentang meningkatnya depresi dan masalah kesehatan mental lainnya pada orang muda, dikutip dari Independent.

 

"Tugas kita sebagai orang tua adalah untuk menempatkan diri keluar dari pekerjaan itu (terlalu membantu anak)," katanya. "Kita perlu tahu bahwa anak-anak kita bisa bangun di pagi hari dan mengurus dirinya sendiri."

Jadi, apakah Anda orang tua helikopter?

(baca: Yuk, Ajarkan Anak Komunikasi Terbuka dengan Orang Tua)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement