Jumat 06 Nov 2015 12:21 WIB

Liburan tidak Perlu Mewah untuk Tetap Seru

Rep: C30/ Red: Indira Rezkisari
Siapkan dana liburan dengan baik agar liburan bisa dinikmati dengan tenang dan menyenangkan.
Foto: dok Republika
Siapkan dana liburan dengan baik agar liburan bisa dinikmati dengan tenang dan menyenangkan.

REPUBLIKA.CO.ID, Melancong ke luar negeri sudah bukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan mereka yang berduit tebal. Sudah banyak sekali promo-promo yang mulai bertebaran dari mulai tiket pesawat sampai penginapan hotel. Atau jika berhemat, rencanakan perjalanan dari jauh-jauh hari, sehingga pemesanan tiket pesawat dan hotel bisa lebih hemat.

Menurut blogger perjalanan Kenny Santana, hemat tidaknya bujet yang harus disediakan untuk traveling semua negara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Itulah kenapa, sebelum memulai perjalanan diperlukan persiapan dan perhitungan bujet terlebih dahulu.   

Jangan sampai, saking inginnya melancong keluar negeri tapi justru tersiksa karena harus irit menahan pengeluaran. "Irit dan hemat itu beda lho, jangan karena mau irit di negeri orang ujung-ujungnya makan mi instan juga," ujar Kenny ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, kemarin.

Perjalanan hemat bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melakukan pemesanan tiket dari jauh-jauh hari atau mencari tiket pesawat yang sedang promo. Selanjutnya memilih penginapan yang sederhana namun tetap nyaman.

"Hindari memesan hotel yang mewah, bagi saya asalkan nyaman tidak akan mengurangi keseruan perjalanan," ujarnya.

Berbicara tentang liburan hemat, setiap negara memiliki kelebihan dan kekurangan. Berdasarkan pengalamannya, untuk tujuan wisata Singapura itu terkenal dengan murah untuk tiket pesawatnya. Tapi ternyata, penginapan -penginapan di sana terbilang cukup menguras kantong, jika tidak dipesan dari tiga bulan sebelumnya atau jika tidak sedang promo hotel.

Kemudian tujuan Thailand, tiket pesawat terkenal dengan sedikit lebih mahal, tapi hotel-hotel di Thailand ternyata sangat ramah kantong. Sedangkan untuk pecinta kuliner yang sedang mencari aneka jajanan dan makanan yang murah, maka Taiwan harus masuk dalam daftar perjalanan.

"Kita tahu itu semua juga kan dari riset dan pengalaman sendiri, oh iya Cina juga termasuk yang murah bila dibandingkan dengan Jepang dan Korea," ujar Kenny menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement