Jumat 06 Nov 2015 11:51 WIB

Traveler Pemula Disarankan Jelajahi Asia Dulu

Rep: C30/ Red: Indira Rezkisari
Salah satu destinasi wisata di Malaysia, yakni menara kembar Petronas di Kuala Lumpur.
Foto: Republika/Musiron
Salah satu destinasi wisata di Malaysia, yakni menara kembar Petronas di Kuala Lumpur.

REPUBLIKA.CO.ID, Traveler pemula biasanya haus mencoba seluruh destinasi terbaik yang ada di dunia. Baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Tapi masalahnya seringkali pemula langsung mengincar destinasi ke tempat yang jauh dari Indonesia. Padahal untuk wisata lokal dan negara-negara tetangga saja mereka belum menguasai. Memang tidak ada aturan tertulis, seorang traveler bebas menentukan tempat yang ingin dia datangi.

Ditemui dalam acara Taiwan Execellence, blogger perjalanan Kenny Santana memberikan langkah-langkah awal traveler pemula. Berikut ini dua langkah menurut Kenny yang perlu diperhatikan.

Pertama, perlu adanya riset terlebih dahulu

Riset ini penting untuk survei dan mengetahui lokasi tujuan, apalagi untuk traveler wanita, mencari lokasi yang aman sudah barang wajib. Selain itu, dalam riset bukan saja menemukan lokasi tujuan tapi juga mendapatkan segala kelengkapan informasi sebanyak-banyaknya. Misalnya biaya dan transportasi apa saja yang digunakan, penginapan yang bagaimana, serta kebutuhan-kebutuhan lain yang nantinya akan diperlukan.

Kedua, mencari destinasi terdekat

Bagi seorang pemula, lokasi terdekat lebih baik dijadikan sebagai tempat untuk traveling awal. Alasannya selain biaya hidup seperti makan tidak berbeda jauh dengan di Jakarta, kehidupan masyarakatnya juga tidak begitu jauh perbedaannya.

"Biasanya traveler juga mencari tempat yang hemat namun bisa mendapatkan paket perjalanan yang memuaskan," ujar Kenny.

Maka Kenny menyarankan supaya para traveler Indonesia terlebih dahulu untuk mendatangai negara-negara di sekitar Asia terlebih dahulu. Menurutnya, Asia juga memilki destinasi yang tidak kalah bagus dengan negara luar. Misalnya,  Raja Ampat, Pulau Key di Maluku, Autralia, Singapura, Bangkok, Malaysia, Laos.

"Jadi kalau aku sih sebelum pergi keluar negeri yang lebih jauh, aku memulainya dari Asia dulu, baru kemudian Jepang Korea dan yang lainnya, dan awali dengan riset maka akan tahu juga kita butuh bujet berapa ke sana," terang Kenny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement