Jumat 06 Nov 2015 08:14 WIB

Ini Tips Liburan Hemat, Bukan Pelit

Rep: C30/ Red: Indira Rezkisari
Sosial media menjadi tempat yang tepat untuk memburu informasi perjalanan, termasuk tentang promo hotel dan maskapai perjalanan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Sosial media menjadi tempat yang tepat untuk memburu informasi perjalanan, termasuk tentang promo hotel dan maskapai perjalanan.

REPUBLIKA.CO.ID, Traveling merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu, baik bersama teman-teman maupun seorang sendiri. Pilihan tempat traveling juga terbuka lebar, baik dalam negeri maupun luar negeri. Ada banyak tempat wisata yang menanti untuk dikunjungi.

Hanya saja yang menjadi kendala para traveler maupun yang ingin menjadi traveler biasanya mentok pada urusan bujet yang terbatas. Sehingga mereka sering kali harus menabung berbulan-bulan untuk mewujudkan mimpinya.

Nah, bagaimana dengan anggaran terbatas namun kegiatan traveling Anda tetap menyenangkan?

"Caranya kita harus rajin-rajin pantau sosial media," ujar Kenny Santana, Founder Komunitas Kartu Pos, saat ditemui dalam acara Taiwan Excellence di Hotel Century Park, Sudirman, Jakarta, Kamis (5/11).

Dengan memantau sosial media, banyak sekali manfaat yang didapat. Menurut Kenny, penyebaran informasi melalui media sosial jauh lebih cepat dibandingkan media cetak.

"Maksudnya memantau media sosial itu kita jadi lebih cepat tahu saat ada diskon, misalnya hotel ini sale atau pesawat ini sedang promo," ujar Kenny menjelaskan.

Jangan hanya memantau, tapi coba juga untuk mengikuti akun Instagramnya. Dengan begitu informasi-informasi akan dengan cepat diketahui. "Jadi kalau ada promo-promo gitu kita jadi yang pertama tahu," kata pria yang juga memiliki usaha perjalanan keluar dan dalam negeri.

Kenny lantas menceritakan pengalamannya saat ia mendapatkan promo pesawat ke Thailand pulang pergi Rp 400 ribu. Ditambah dengan biaya penginapan di Thailand yang memang tidak begitu mahal, yaitu Rp 300 ribu sudah mendapatkan fasilitas hotel bintang tiga. Ia pun cukup menambahkan bujet untuk biaya makan dan belanja oleh-oleh, sebesar Rp 2 juta. Dengan anggaran yang tidak besar ia sudah bisa memuaskan liburannya selama tiga hari di Thailand.

"Jadi jangan sampai kita hemat tapi kuncinya salah, sudah datang ke negara orang tapi tidak mencoba makanan mereka malah memilih mi instan supaya hemat. Jadi inti liburan sendiri jadi kabur," ujarnya sambil bercanda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement