Rabu 14 Oct 2015 10:00 WIB

Dubai Jadi Kota Tujuan Wisata Muslim Pertama

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Salah satu sudut Dubai dari atas.
Foto: EPA
Salah satu sudut Dubai dari atas.

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini, kota-kota di wilayah Asia Pasifik termasuk sebagai pilihan destinasi belanja pertama bagi para turis Muslim. Dubai merupakan destinasi utama yang paling banyak dikunjungi. Hal ini terungkap dari sebuah laporan MasterCard-CrescentRating Muslim Shopping Travel Index 2015 (MTSI 2015).

Laporan ini menyediakan informasi rinci mengenai perilaku pengeluaran para turis Muslim saat melakukan perjalanan (travelling). MTSI 2015 merupakan penelitian terbaru yang merupakan hasil kolaborasi antara MasterCard dan CrescentRating dalam bidang tersebut, menyusul peluncuran Global Muslim Travel Index (GMTI) 2015 pada awal tahun ini.

MTSI 2015 melihat secara mendalam pada data-data mengenai wisata belanja Muslim dari 40 kota di dunia dan membuat sebuah indeks menyeluruh berdasarkan sejumlah kriteria. Ini merupakan temuan terperinci pertama kalinya mengenai perilaku berbelanja konsumen dari wisatawan Muslim.

Ke-40 kota internasional yang tercakup dalam MTSI 2015 diberi skor melalui satu set matriks yang komprehensif, meliputi kesesuaian kota tersebut sebagai destinasi berbelanja, layanan dan fasilitas yang ramah terhadap wisatawan Muslim, serta kemudahan saat travelling. Setiap kriteria kemudian ditimbang untuk membentuk nilai indeks secara keseluruhan.

Dubai menduduki peringkat teratas dari Muslim Travel Shopping secara keseluruhan, yakni dengan 79,5 poin, diikuti oleh Kuala Lumpur dengan 73.3 poin. Dan Singapura menduduki posisi ketiga dari daftar keseluruhan Muslim Travel Shopping dengan 71,6 poin. Ini juga menjadikannya peringkat pertama untuk kategori kota-kota non-OIC (Organisation of Islamic Cooperation).

Bali juga masuk ke dalam peringkat 10 teratas dengan nilai 58,2 poin, diikuti dengan Penang dengan 56,9 poin. Secara total, Asia Pasifik memberikan kontribusi sebanyak 14 kota ke dalam daftar 40 kota dengan peringkat tertinggi dalam indeks tersebut.

Satu hal yang signifikan dari MTSI 2015 ialah banyak negara-negara non-OIC yang berhasil memasuki daftar 40 kota tersebut. Singapura termasuk di dalam lima destinasi dengan peringkat tertinggi secara keseluruhan yang menjadikannya pilihan pertama bagi wisatawan Muslim untuk berbelanja.

Hal ini kemudian juga mengungkap potensi dari negara non-OIC bagi wisatawan Muslim, di mana tercatat 25 negara masuk ke dalam daftar destinasi Muslim. MTSI 2015 akan diperbarui setiap tahun dan akan memuat lebih banyak lagi kota-kota yang akan di rilis pada masa mendatang, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Republika.co.id.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement