Kamis 08 Oct 2015 07:52 WIB

Ini Resep Saus Mayones ala Chef Chandra

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Indira Rezkisari
Tambahan sedikit susu kental manis pada saus cocolan yang diracik dari mayones dan perasan lemon. Sensasi rasa manis akan tercipta dari campuran ini dan cocok sebagai cocolan udang goreng atau cumi tepung.
Foto: howstuffworks
Tambahan sedikit susu kental manis pada saus cocolan yang diracik dari mayones dan perasan lemon. Sensasi rasa manis akan tercipta dari campuran ini dan cocok sebagai cocolan udang goreng atau cumi tepung.

REPUBLIKA.CO.ID, Susu kental manis merupakan salah satu bahan campuran makanan yang cukup populer di kalangan masyarakat, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga dunia.

Sifatnya yang durable alias tahan lama, membuat susu jenis tersebut bisa digunakan kapan saja. Selama ini, susu kental manis kerap diasosiasikan dengan sajian yang manis-manis. Sebut saja pancake (panekuk), martabak bangka, jus buah, es teler, dan lain-lain. Namun, jarang yang tahu bahwa susu kental manis sebenarnya juga bisa digunakan sebagai campuran dalam penganan gurih.

“Dengan sedikit kreasi, kita bisa membuat saus mayones yang lezat dengan tambahan susu kental manis,” tutur Chef Chandra Yudasswara saat ditemui di fX Senayan, Jakarta, Rabu (7/10).

Menurutnya, membuat saus berbahan susu kental manis tidaklah sulit. Karena semua bahannya mudah didapatkan di toko maupun minimarket yang ada di sekitar rumah Anda.

Juru masak itu pun berbagi sedikit resep salah satu saus andalannya yang ia sebut ‘mayo sweet lemon’. Untuk membuat saus tersebut, langkah pertama yang mesti Anda lakukan tentu saja menyiapkan bahan-bahan berupa mayones, susu kental manis, dan jeruk lemon. Setelah semua bahan tersebut tersedia, langkah berikutnya adalah mencampurkan susu kental manis dan mayones dengan takaran 1:4 (satu berbanding empat).

Jika misalkan Anda menggunakan 100 gram susu kental manis, maka mayones yang mesti dicampur adalah sebanyak 400 gram. Selanjutnya, tambahkan lemon secukupnya sesuai selera.

“Jika tidak memiliki jeruk lemon di rumah, Anda bisa menggantinya dengan jeruk nipis,” ujar Chef Chandra.

Ia menambahkan, ‘mayo sweet lemon’ sangat cocok digunakan sebagai pelengkap saat menyantap makanan gurih seperti udang goreng tepung atau cumi goreng tepung. “Di luar itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai tambahan pada makanan-makanan lainnya,” imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement