Rabu 07 Oct 2015 17:57 WIB

Alasan Mengapa Bayi Tersenyum

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Bayi tersenyum (Ilustrasi)
Foto: Foxnews
Bayi tersenyum (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda pernah bertanya-tanya apa yang ada dalam pikiran bayi jika dia tersenyum? Para peneliti di University of California, San Diego,mengaku mengetahui penyebabnya.

Dalam penelitian mereka yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, menunjukkan bahwa bayi yang tersenyum sedang berusaha untuk membuat siapapun yang berinteraksi dengan mereka bisa membalas senyumnya.

"Saya sering bertanya-tanya apakah anak saya sedang berusaha untuk berkomunikasi dengan saya ketika dia masih bayi dan tersenyum," kata ketua penelitian tersebut, seperti dilansir dari Foxnews, Selasa (6/10).

Dalam penelitian ini dijelaskan, pada saat bayi mencapai usia 4 bulan, ibu dan bayi akan tersenyum untuk suatu tujuan. "Dalam penelitian ini, ibu secara konsisten berusaha untuk memaksimalkan waktu mereka untuk tersenyum pada bayi mereka, sementara bayi mencoba untuk memaksimalkan momen itu," kata peneliti.

Dengan menggunakan sebuah algoritma, para peneliti mampu menentukan maksud bayi berdasarkan perilaku mereka. Bayi ingin ibu mereka tersenyum selama mungkin meskipun sedikit.

Para peneliti kemudian memprogram sebuah robot balita bernama Diego-San, robot ini ternyata berperilaku sama seperti bayi dalam penelitian tersebut dan juga berinterkasi dengan mahasiswa yang masuk dalam daftar penelitian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement