Selasa 06 Oct 2015 14:19 WIB

Makanan Ini Bantu Atasi Insomnia

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Madu
Foto: pixabay
Madu

REPUBLIKA.CO.ID, Makanan yang dikonsumsi terkadang dapat membuat Anda tidak bisa tidur semalaman atau insomnia.

Namun, ada juga beberapa makanan yang bisa membuat Anda mengantuk dan mengatasi insomnia, karena mengandung hormon serotonin. Untuk memproduksi hormon serotonin tersebut membutuhkan asam amino yang disebut dengan triptofan.

Jadi, untuk mengatasi insomnia dan mendapatkan tidur yang sempurna, beberapa makanan ini sangat bagus dikonsumsi sebelum tidur. Seperti dilansir dari Boldsky, Senin (5/10), berikut makanan yang akan membuat Anda mengantuk.

Oatmeal

Kandungan dalam oatmeal dapat memicu produksi insulin yang dapat meningkatkan kadar gula darah, sehingga membuat Anda merasa sangat mengantuk. Selain itu, karena makanan ini berbahan dasar gandum yang kaya melatonin, oatmeal bisa menenangkan tubuh dan membuatnya cepat tertidur.

Kacang almond

Almond mengandung banyak magnesium dan triptofan. Keduanya membantu mengurangi fungsi saraf dan otot. Di saat yang sama, fungsi dari kacang almond ini juga menstabilkan irama jantung. Mengonsumsi ini di siang hari, membuat Anda cepat merasa mengantuk.

Madu

Madu penuh dengan glukosa yang dapat memberitahu otak untuk menurunkan kinerja orexin. Hanya satu sendok makan madu cukup untuk membuat Anda tertidur dengan baik.

Roti Gandum

Biji-bijian dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah Anda, namun setelah kadar glukosa turun, tingkat energi Anda juga bisa turun secara tiba-tiba dan Anda mungkin mulai merasa lesu. Jadi, cobalah untuk menghindari roti gandum yang berlebihan karena roti gandum merupakan makanan yang bisa membuat Anda mengantuk.

Ceri

Buah ceri penuh dengan kandungan melatonin yang membantu mengontrol siklus tidur Anda. Karena itu, jika Anda kurang tidur, mengonsumsi buah ceri setiap hari dengan beberapa gandum dan kacang-kacangan bisa mengobatinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement