Ahad 27 Sep 2015 07:02 WIB
Festival Kuliner Bekasi 2015

Nagih! Sate Buntel Khas Solo di Festival Kuliner Bekasi

Rep: MGROL50/ Red: Winda Destiana Putri
Sate buntel Kaserin di Festival Kuliner Bekasi
Foto: MGROL50
Sate buntel Kaserin di Festival Kuliner Bekasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Sate buntel yang merupakan salah satu kuliner Khas Solo dan selalu diburu pengunjung ini adalah sate yang berbahan baku daging kambing yang dicincang kemudian diberi bumbu.

Namun sekarang Anda, khususnya warga jabodetabek, tidak perlu jauh-jauh ke Solo untuk mencicipi sate buntel ini, cukup mampir ke Festival Kuliner Bekasi, disini terdapat Sate Buntel Kaserin yang asli dari Solo lho.

Kaserin diambil dari nama si pembuat sekaligus pemilik sate. Awalnya, sate buntel kaserin bernama sate buntel bentuman, lalu Kaserin membuka usaha sate buntel sendiri dan diberikan nama dirinya sebagai ciri khas. Ia memberikan kepercayaan ke Budi yang merupakan salah satu pegawainya untuk menjual sate buntel kaserin di Festival Kuliner Bekasi ini.

"Kaserin nama yang punya. Tapi dulu bentuman, terus pak Kaserin buka usaha sendiri, jadi dirubah namanya," kata Budi, saat Republika.co.id temui belum lama ini.

Sate buntel memiliki bentuk yang hampir sama dengan sate lilit Bali. Hanya saja sate lilit tidak murni daging, namun dicampur dengan tepung, berbeda dengan sate buntel khas Solo, yang murni daging tanpa ada tambahan tepung. Selain mengenyangkan, makanan ini juga bikin ketagihan!

Sate buntel kaserin tidak hanya menjual sate buntel kambing, tetapi juga ada sate buntel ayam dan sate buntel sapi. Proses pembuatan sate buntel kambing, berbeda dengan proses pembuatan sate buntel ayam. Untuk sate buntel kambing sendiri, dibuat menggunakan lemak yang tipis, dan untuk sate buntel ayam, dibuat menggunakan aluminium foil. Namun keduanya bisa diakui memiliki tekstur yang lembut, sehingga tidak membuat gigi Anda sakit saat mengunyahnya.

Bagi Anda yang belum tahu, buntel itu sendiri diambil dari bahasa jawa, yang memiliki arti bungkus. Karna dilihat dari tampilannya seperti sate yang habis dibungkus. Kaserin sudah lama menjual sate buntel ini, dan ini merupakan usaha turun temurun. Namun di Jakarta, sate buntel ini sendiri baru dikelolahnya selama kurang lebih 5 tahun.

"Usaha turun temurun, jadi sudah bisa dibilang hatamlah untuk proses pembuatannya," ujar Budi.

Harga sate buntel kaserin ini bervariasi. Untuk sate buntel kambing dan sate buntel sapi satu tusuk dijual seharga Rp 9 ribu dan sate buntel ayam Rp 7 ribu. Namun Anda bisa membeli perporsi. Untuk sate buntel kambing dijual seharga Rp 38 ribu, sate buntel sapi Rp 39 ribu, dan sate buntel ayam Rp 32 ribu.

"Alhamdulillah sudah 3 hari di jual disini, sate kami laku. Dan biasanya paling suka pada beli satuan," tambah Budi.

Festival Kuliner Bekasi ini digelar oleh Summarecon Mal Bekasi dari tanggal 23 September 2015-18 Oktober 2015. Selama 26 hari penuh, pengunjung akan dimanjakan oleh 200 kuliner favorit khas nusantara, yang ditawarkan oleh 81 tenant, yang tediri dari 53 booth dan 28 gerobakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement