Senin 11 Dec 2023 22:26 WIB

Dendang Rasa Hadirkan Ragam Kuliner Sumatra dan Jawa 

Sajian ditawarkan secara prasmanan dengan harga Rp 499 per orang.

Rep: Desy Susilawati / Red: Friska Yolandha
Rendang.
Foto: EPA
Rendang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia kaya akan ragam kuliner dari berbagai daerah. Bahkan beberapa kuliner asal Indonesia telah dikenal dunia salah satunya rendang. 

Hasil survei dari CNN Internasional mengatakan bahwa rendang berada di peringkat pertama dalam World's 50 Delicious Food pada tahun 2011. Tidak hanya itu, rendang juga diakui oleh UNESCO sejak tahun 2013.

Baca Juga

Rendang merupakan salah satu makanan khas Sumatra Barat. Makanan ini banyak disukai kalangan dari berbagai usia. Makanan ini menjadi salah satu menu yang disajikan dalam festival makanan asli Indonesia yang berkualitas premium bertajuk Dendang Rasa.

Festival ini diselenggarakan oleh Restoran BungaRampai dalam rangka menyambut Hari Ibu, Natal dan Tahun Baru 2023. Kali ini dipilih makanan asli yang berasal dari dua pulau besar Indonesia Sumatera dan Jawa.

"Kami menggali kekayaan dan keberagaman kuliner dari bumi Nusantara. Begitu banyak yang berharga untuk dihidangkan. Dimulai dari aneka makanan asli Indonesia dari Sumatra dan Jawa, lalu tahun berikutnya akan kami sajikan makanan asli dari kepulauan lain," ujar Mulia Jayaputri MPA, selaku pimpinan PT Persada Dua Rajawali, pemilik Restoran BungaRampai, beserta dua sister company lainnya, Toko Kueh dan Pisa Gelato.

Ia mengatakan begitu gurih ramuan bumbu yang dibuat nenek moyang dan leluhur kita. Saat mengunyah dan menghayati rasa lezat itu, lidah kita serasa berdendang. "Ini pula asal kata dari dendang rasa yang dijadikan tajuk festival kali ini,” katanya.

Ia mengatakan sudah menjadi visi restoran BungaRampai untuk ikut melestarikan makanan asli Indonesia yang disajikan dalam kualitas prima. Hanya dengan kualitas penyajian dan rasa yang premium, kita bisa ikut meningkatkan citra masakan Nusantara. 

"Katakanlah ini bagian dari diplomasi kuliner Indonesia di mata dunia. Identitas dan kehebatan Indonesia untuk dunia makanan sebenarnya tak kalah dengan negara Asia lain seperti Korea Selatan, Thailand atau Jepang,” ujar Mulia.

Sejak lama Restoran BungaRampai telah menyelenggarakan festival masakan nusantara. Sajian masakan Jepara, Makassar, Betawi, Cirebon, Jambi, maupun daerah lain pernah mewarnai daftar menu Restoran BungaRampai secara khusus, dalam periode tertentu. Festival yang diselenggarakan rutin di bulan Desember baru dimulai di tahun ini.

Untuk festival di tahun 2023 tersebut, Restoran BungaRampai menghadirkan masakan daerah Sumatera (Utara, Selatan, Barat) dan Jawa (Barat, Tengah, Timur). Rendang, sate Padang, selat Solo, nasi kapau komplit, soto Gandul, sup ikan patin, sampai jajanan pasar ala Jawa. Makanan ini disajikan secara prasmanan (buffet-all-you-can-eat) seharga Rp 499 ribu plus plus per orang.

Festival ini dapat dinikmati para pengunjung....

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement