Sabtu 26 Sep 2015 14:49 WIB
Festival Kuliner Bekasi 2015

Sego Mengono, Tampilan Sederhana, Rasa Tiada Duanya

Rep: MGROL50/ Red: Winda Destiana Putri
Sego Mengono
Foto: MGROL50
Sego Mengono

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Banyak diantara kalian pasti yang bertanya-tanya, apasih sego mengono itu? Sego itu dalam bahasa Jawa artinya nasi.

Di Festival Kuliner Bekasi yang sudah dibuka dari Rabu (23/9) kemarin, kalian bisa merasakan yang namanya nasi mengono. Tampilannya memang biasa, tapi rasanya maknyus.

Mengono sendiri adalah nangka muda yang dicacak halus sampai lembut. Sebagai pelengkap nasi mengono dihidangkan bersama mendoan. Tapi bisa juga disajikan bersama dengan lauk lainnya, seperti ayam goreng, pepes ikan mas, sate dan masih banyak lagi.

Namun banyak para pembeli yang lebih tertarik untuk membeli nasi mengono bersama mendoan, karena memang nasi mengono pas disantap bersama tempe khas yang satu ini.

"Kebanyakan sih pembeli mintanya dihidangkan bersama mendoan, karena emang cocoknya sama itu," kata Nurdin, penjual nasi mengono di Festival Kuliner Bekasi saat Republika.co.id temui Jumat (25/9).

Nasi mengono memanglah tidak banyak porsinya, tapi sangat mengenyangkan dan tidak mengecewakan. Di Festival Kuliner Bekasi tidak sedikit yang tertarik mencoba makanan khas pekalongan ini.

Disajikan di daun pisang bersama dengan mendoan dan sambal yang pedasnya nampol, nasi mengono dijual dengan harga yang relatif murah, hanya harus mengeluarkan uang Rp 8 ribu Anda bisa mencicipi kenikmatan nasi mengono.

"Lumayan banyak yang cari juga, soalnya ini makanan khas daerah, jadi jarang ada di daerah selain pekalongan," ujar Nurdin.

Festival kuliner bekasi 2015 ini sendiri berada di Summarecon Mal Bekasi, digelar dari tanggal 23 September hingga 18 Oktober 2015. Disini para pengunjung akan dimanjakan oleh pelbagai kuliner favorit tanah air yang terdiri dari 200 sajian khas nusantara yang ditawarkan oleh 81 tenant, yang terdiri dari 53 booth dan 28 gerobakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement