Kamis 24 Sep 2015 19:39 WIB
Festival Kuliner Bekasi 2015

Yuk Cicipi Gulai Balungan Khas Purwakarta di Mal Bekasi

Rep: C37/ Red: Winda Destiana Putri
Gulai Balungan khas Purwakarta
Foto: Republika/C37
Gulai Balungan khas Purwakarta

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Jika Purwakarta sudah terlalu terkenal dengan Sate Maranggi, Anda harus mencoba Gulai Balungan. Kuliner khas Purwakarta ini mampu memanjakan lidah penikmat kuliner berbahan dasar daging sapi.

Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati Gulai Balungan adalah Festival Kuliner Bekasi 2015 di Summarecon Mal Bekasi dengan bertemakan menu khas Kampung Banjar.

Meskipun Gulai Balungan yang dijual oleh Marika (54 tahun) di Festival Kuliner merupakan menu baru kedainya, namun cita rasanya tak mengecewakan. Daging sapi sebagai komposisi utama menu ini terasa gurih dengan rempah jahe dan lengkuas, teksturnya pun empuk dan mudah digigit.

"Dagingnya diungkep pakai jahe, lengkuas dan bumbu dapur lainnya sampai empuk," kata Marika pada Republika.co.id Rabu (23/9).

Gulai berisi daging, kentang dan juga tomat. Tidak seperti gulai khas Sumatera yang pedas dan bersantan, kuah Gulai Balungan ini tidak menggunakan santan. Rasa gurih berasal dari rempah yang digunakan. Apabila Anda ingin rasa lebih pedas, disediakan pula sambal yang terbuat dari cabai rawit yang direbus.

Untuk menikmati Gulai Balungan masakan Marika ini, Anda perlu merogoh kocek Rp 30 ribu dengan nasi putih seharga Rp 5 ribu. Akan lebih nikmat lagi jika ditambah kerupuk emping yang dihargai Rp 5 ribu.

Selain Gulai Balungan, Marika juga menyediakan Sate Maranggi di stannya di Festival Kuliner Bekasi 2015.

Festival Kuliner Bekasi 2015 digelar selama 26 hari penuh mulai 23 September hingga 18 Oktober 2015. Menyajikan 200 sajian khas nusantara yang ditawarkan 81 tenant, terdiri dari 53 booth dan 28 gerobakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement