Jumat 18 Sep 2015 06:39 WIB

Pentingnya Mengajarkan Anak Memilih Jajanan yang Bersih

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Anak-anak melihat jajanan pada kantin sehat di sekolah Juara, Cakung, Jakarta, Kamis (4/12).
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Anak-anak melihat jajanan pada kantin sehat di sekolah Juara, Cakung, Jakarta, Kamis (4/12).

REPUBLIKA.CO.ID, Kesehatan anak sangat penting. Jika mereka sehat, mereka bisa beraktivitas dengan baik, juga mungkin bisa konsentrasi belajar dan berprestasi di sekolah. Agar anak bisa memilih jajanan sehat Kepala Bidang SD dan PLB, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Dr Kanti Herawati menyarankan agar orang tua mengajarkan anak untuk hal-hal berikut ini.

Orang tua dapat menunjukkan kepada anak-anak tempat-tempat yang higienis dan sehat untuk membeli makanan, misalnya di kantin sekolah yang memenuhi syarat kebersihan

Ajari anak untuk memilih jajanan yang bersih, tidak dihinggapi lalat, yang penjualnya menjaga kebersihan diri, dan kemasan makanannya aman.  "Kalau perlu sesekali datang ke lingkungan sekolah dan amati jajanan mana saja yang aman bagi anak Anda," ujarnya dalam Seminar Media Cermati Kandungan Nutrisi Jajanan Anak di Jakarta, Kamis (17/9).

Berikutnya, jajanan harus memenuhi syarat keseimbangan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat beraktivitas, jajanan harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang porsinya berimbang. Makanan bergizi seimbang sangat penting untuk pertumbuhan yang optimal pada anak-anak dan sebagai dasar fondasi hidup sehat untuk masa yang akan datang.

Nasihati anak pula agar tidak hanya memilih satu jenis jajanan saja. Tidak ada satu makanan yang sempurna, yang mampu memenuhi seluruh kebutuhan gizi seseorang oleh karena itu makan harus bervariasi agar kebutuhan akan setiap zat gizi terpenuhi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement