Rabu 16 Sep 2015 06:43 WIB

Hypnobreastfeeding, Buat Ibu Nyaman Menyusui

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ibu yang paham akan manfaat besar ASI tidak akan tidak menyusui bayinya.
Foto: Republika/Prayogi
Ibu yang paham akan manfaat besar ASI tidak akan tidak menyusui bayinya.

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak ibu yang stres seusai melahirkan dan saat menyusui. Entah karena baby blues, stres karena harus kembali bekerja, atau justru stres harus mengurus bayi sementara masih ada sang kakak yang juga masih balita.

Menurut konselor laktasi dan hypnoterapist klinik dari Pro V Clinic (Holistic Health Care), Fonda Kuswandi, Spsi dalam menyusui ada berbagai persiapan, mulai dari tubuh, pikiran dan jiwa.  Persiapan untuk tubuh dapat dilakukan dengan makan makanan bergizi juga dengan manajemen laktasi.

Sementara untuk pikiran bisa dengan pikiran yang tenang dan percaya diri. Dan untuk jiwa, perlu niat yang kuat untuk menyusui secara ikhlas dengan penuh cinta kasih.

“Kerja hormon prolaktin dan oksitosin sangat dipengaruhi oleh keadaan psikologis ibu. Jika ibu berfikiran negatif, tidak tenang, stres, maka kerja hormon oksitosin akan terhambat,” ujarnya.

Cara mengatasinya menurut Fonda bisa dengan hypnobreastfeeding. Apakah metode hypnobreastfeeding itu? Berasal dari kata Yunani hypnos yang artinya tidur atau pikiran tenang dan breasfeeding adalah proses menyusui.

“Hypnobreastfeeding adalah upaya alami menggunakan energi bawah sadar agar menghasilkan ASI yang mencukupi untuk kebutuhan tumbuh kembang bayi,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement