Sabtu 05 Sep 2015 13:10 WIB

Suami Ibu Hamil Penting Ketahui Ini Soal Kesehatan Gigi

Rep: C04/ Red: Indira Rezkisari
Istri hamil (Ilustrasi)
Foto: Google
Istri hamil (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil ternyata tidak hanya menjadi urusan ibu. Ayah pun wajib memperhatikan kesehatan gigi dan mulut pada dirinya sendiri.

Dr Boy Abidin, SpOG (K) mengungkapkan bahwa kontak mulut ke mulut antara ayah dan ibu sedikit banyak juga dapat berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut ibu hamil. Untuk itu para ayah disarankan juga melakukan perawatan kesehatan gigi enam bulan sekali.

"Yang terpenting adalah sang ayah juga tidak merokok, jika ayah merokok khawatir dapat menularkan infeksi kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil lewat kontak oral," ungkapnya.

Selain itu, Boy menambahkan dukungan sang ayah juga penting bagi ibu hamil guna memeriksakan kesehatan gigi dan mulutnya. Ini dikarenakan, kebanyakan ibu hamil masih merasa tabu untuk pergi ke dokter gigi akibat dihantui berbagai mitos dan fakta terkait hal tersebut.

Jika sudah seperti itu, menurut drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent, MDSc, ayah wajib membujuk ibu hamil agar mau dibawa ke dokter. Apabila gangguan kesehatan gigi dan mulutnya sudah parah, maka pertolongan pertama yang harus dilakukan ayah adalah memberikan larutan air garam agar dapat dikumur-kumur oleh ibu hamil.

"Memang agak sulit membujuk ibu hamil jika kasusnya seperti itu. Larutan air garam berfungsi sebagai anti inflamasi dan mengurangi rasa sakit gigi yang sedang diderita ibu. Namun, setelahnya para ayah tetap wajib mengajak sang ibu berkonsultasi ke dokter," kata Mirah. 

Dokter cantik ini juga mengungkapkan jika tindak penambalan gigi terpaksa dilakukan, ibu hamil tidak perlu khawatir akan bahayanya. Menurutnya saat ini teknologi semakin canggih sehingga dapat mengurangi risiko yang tidak diinginkan bagi dokter dan juga pasien.

"Zaman dahulu mungkin menambal gigi perlu menggunakan logam berat. Tapi saat ini bahan-bahannya sudah jauh lebih aman. Biasanya bagi ibu hamil disarankan untuk menggunakan bahan komposit agar lebih aman," tambahnya. 

Selain itu, agar gigi dan mulut tetap terjaga kesehatannya ibu hamil juga disarankan untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan kalsium dan vitamin. Seperti, sayuran hijau dan juga buah-buahan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement