Kamis 03 Sep 2015 08:33 WIB

Sejarah dan Fakta Unik Tentang Domino's Pizza

Rep: MGROL49/ Red: Winda Destiana Putri
Domino's Pizza
Foto: Foxnews
Domino's Pizza

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa yang tidak kenal dengan Domino's Pizza? Perusahaan kedua terbesar didunia dalam bidang pizza ini ternyata mempunyai sejarah dan beberapa fakta yang unik. Apa saja ya?

Dilansir dari Foxnews, Kamis (3/9) Domino's Pizza didirikan pada tahun 1960 di Ypsilanti, Michigan, oleh dua saudara Tom dan James Monaghan.

Dua bersaudara ini memulai dengan membeli pizza lalu menjualnya lagi bernama Dominick dengan modal 1400 dolar AS, dan delapan bulan kemudian Tom mengambil kontrol penuh dari bisnis ini karena James tidak ingin berhenti dari pekerjaannya sebagai tukang pos.

Dalam beberapa tahun kedepan bisnis ini berkembang dengan pesat, Tom lalu membuka dua lokasi di dekatnya pada tahun 1965. Namun pemilik asli Dominick menolak untuk mengizinkan Tom menggunakan nama di lokasi barunya, jadi dia merubah sedikit dengan nama Domino.

Pada saat ini, Domino's telah memiliki lebih dari 11.900 cabang di lebih dari 70 negara. Menurut pihak perusahaan, mereka menjual lebih dari 1,5 juta pizza setiap harinya. Itu kalau berbicara tentang sejarah, berikut adalah beberapa fakta unik dari Domino.

Pertama, lambang 3 titik pada logo. Tenyata ketiga titik tersebut diambil dari 3 toko pertama yang dipunya oleh Tom.

Kedua, mobil yang dipakai pertama kali untuk mengantar Domino's Pizza adalah sebuah VW Beetle tua yang merupakan milik dari James Monaghan.

Selanjutnya Domino's Pizza pernah dituntut karena menggunakan nama yang mirip oleh Domino sugar pada tahun 1975, tapi hakim memutuskan untuk memenangkan Domino Pizza.

Kemudian terakhir menu Domino's Pizza tidak merubah menunya sepanjang 1960 sampai tahun 1980. Ia tetap memiliki satu pizza sebagai menu utama dengan pilihan 11 topping dan disertai minum cola dan baru menambah menunya pada tahun 1989.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement