Kamis 27 Aug 2015 07:00 WIB

Rayakan Ulang Tahun Anak Besar-besaran, Perlukah?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Merayakan ulang tahun anak kerap dirasa sebagai sebuah keharusan. Benarkah begitu?
Foto: flickr
Merayakan ulang tahun anak kerap dirasa sebagai sebuah keharusan. Benarkah begitu?

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki dan membesarkan anak tentunya memberikan kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua. Salah satu bentuk rasa syukur disalurkan dengan merayakan ulang tahun anaknya. Bahkan perayaan ulang tahun seringkali terjadi dengan mewah dan meriah dengan mengundang bintang tamu ternama.

Namun dengan kondisi ekonomi dan tuntutan kebutuhan yang semakin tinggi, perlukah orang tua merayakan ulang tahun anak dengan mewah dan biaya yang besar?

Bagi sebagian orang tua, anak yang menginjak usia satu tahun dipandang sebagai fase yang penting. Maka, ulang tahun kesatu pun dirayakan dengan megah, sesuai keinginan orang tua atau kakek neneknya.

Head of Wealth Management and Business Strategy Commonwealth Bank, Rian Kaslan, EVP yang juga penggiat gerakan literasi keuangan perempuan Indonesia WISE (Women Investment Series), mengatakan tidak ada salahnya merayakan ulang tahun bagi anak di usia dini. Keputusan untuk merayakan ulang tahun dikatakannya sepenuhnya terserah padaorang tua.

“Tapi sebaiknya keputusan didasari pertimbangan yang bijak dan menyeluruh terhadap kebutuhan dan kondisi keluarga,” ujarnya, dalam siaran pers yang diterima ROL, Kamis (27/8).

Sebelum benar-benar merayakan ulang tahun anak, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Apa saja hal tersebut?

Tanamkan interaksi yang positif

Perayaan ulang tahun yang besar dan mewah tidak akan meninggalkan kesan dan pelajaran yang berarti bagi sang anak di masa depan, kecuali foto atau video kenangan perayaan ulang tahunnya. Perlu diperhatikan bahwa perayaan ulang tahun hanyalah momen pelengkap.

Ia mengingatkan sudah menjadi tugas orang tua untuk membangun interaksi yang positif sejak anak usia dini, dan hal ini dapat dilakukan dalam berbagai kegiatan yang melibatkan orang tua dan si anak, tidak melulu dalam bentuk pesta besar-besaran.

“Artinya, hal yang sebenarnya paling penting bagi anak adalah bagaimana interaksi antara anak dan orang tua terjalin, termasuk apakah anak disayangi, diperhatikan, dan memperoleh dukungan yang cukup,”

ujarnya.

Sesuaikan dengan usia anak

Rian Kaslan mengatakan jika Anda merasa merayakan ulang tahun anak merupakan momen penting yang tidak boleh terlewatkan maka sebaiknya perayaan disesuaikan dengan usia si anak. “Jika anak Anda masih berusia di bawah empat tahun, pertimbangkan untuk membuat pesta kecil-kecilan saja yang hanya mengundang keluarga dan teman dekat,” sarannya.

Sang anak umumnya baru akan bisa mengingat dan memahami makna dari pesta ulang tahunnya ketika masuk prasekolah dan memiliki teman-teman di sekolah. “Ketika anak masih berusia dini, uang untuk merayakan pesta justru bisa dialokasikan untuk keperluan lain, seperti biaya pendidikan atau pesta ulang tahun anak di usia yang tepat,” ujarnya.

Pengaruh lingkungan

Pendapat dan pengaruh dari lingkungan sekitar kerap memengaruhi pilihan dan keputusan orang tua. Jangan cepat terpancing dan cepat mengambil keputusan ketika melihat teman atau saudara yang mengadakan pesta ulang tahun anaknya secara besar-besaran.

Tak ada salahnya Anda berpikir ulang sebelum memutuskan mengadakan pesta ulang tahun besar-besaran untuk si buah hati. Anda memerlukan waktu untuk berpikir apakah sebuah pesta perayaan memang diperlukan, dan ada baiknya juga Anda mendiskusikan hal ini bersama pasangan terlebih dahulu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement