Sabtu 22 Aug 2015 16:15 WIB

Sore Ini, Pawai Pembangunan Hiasi Jalan Malioboro

Rep: Winda Destiana Putri/ Red: Hazliansyah
Pawai Pembangunan di Jalan Malioboro Yogyakarta. Pawai ini dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia ke-70.
Foto: Republika/Winda Destiana Putri
Pawai Pembangunan di Jalan Malioboro Yogyakarta. Pawai ini dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia ke-70.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Masih dalam rangka memperingati perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-70, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan Pawai Pembangunan. Sebanyak 53 kelompok yang terdiri dari seniman maupun komunitas, budayawan maupun angkatan turut meramaikan pawai tersebut. 

Mengangkat tema "Ayo Kerja 70th Indonesia Merdeka Daerah Istimewa Yogyakarta 2015", pawai ini sekaligus sebagai bentuk rasa cinta tanah air dan kebudayaan Indonesia, khususnya Yogyakarta. 

"Pawai ini bertujuan membangkitkan semangat anak muda akan arti kemerdekaan Indonesia," kata Marlina Handayani, Seksi Pemasaran Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta ketika ditemui ROL di lokasi pawai di sepanjang jalan Malioboro, Sabtu (22/8). 

Dikatakan lebih lanjut, pawai ini merupakan agenda rutin tahunan di setiap bulan Agustus yang dilakukan Biro Humas Pemda DIY bersama dengan Dinas Pariwisata. 

"Acara ini sudah rutin dilakukan di setiap tahunnya. Dan peserta selalu meningkat," kata dia menambahkan. 

Pawai pembangunan menampilkan aksi kesenian dan atraksi kolosal yang melambangkan semangat kemerdekaan Indonesia. Atraksi ini dilakukan oleh anak-anak hingga orang tua dengan kostum yang berbeda-beda. 

Pada tahun 2014 lalu, pawai diikuti oleh 45 kelompok dengan 2.000 orang peserta. Sementara tahun ini jumlah peserta bertambah menjadi 2.500 orang. 

Pawai dimulai pada pukul 15.00 bertempat di depan kantor DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta dan berakhir di titik nol kilometer Yogyakarta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement