Selasa 18 Aug 2015 14:53 WIB

Sibuk Bekerja, Ini Tips Memberikan ASI pada Bayi

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
ASI
Foto: Republika/ Prayogi
ASI

REPUBLIKA.CO.ID, ASI merupakan nutrisi penting bagi bayi yang baru dilahirkan. Namun, jika si ibu merupakan pekerja ini menjadi salah satu momok yang sering diperbincangkan, karena wanita pekerja hanya mendapat cuti melahirkan selama tiga bulan.

Memberikan ASI eksklusif pada bayi umumnya hingga umur enam bulan untuk menyeimbangkan tumbuh kembang mereka. Realita di zaman modern seperti saat ini, banyak wanita yang bekerja dan hanya mendapat cuti melahirkan selama tiga bulan sehingga mereka bingung dalam memberikan ASI eksklusif.

Jika Anda bingung bagaimana mengatasi masalah tersebut dalam memberikan ASI, berikut tips sederhana yang dilansir oleh Boldsky Selasa (18/8) agar Anda tetap bisa memberikan ASI eksklusif kepada anak meskipun sibuk bekerja

Beritahu Atasan

Ada baiknya Anda harus memberitahu kepada atasan bahwa ingin melakukan ASI ekslusif kepada anak hingga umur enam bulan. Saat menyusui wanita tidak boleh stres dalam menghadapai apapun termasuk pekerjaan karena bisa berakibat buruk bagi susu yang dihasilkan. Dengan demikian atasan Anda akan memaklumi dan bisa menekan tingkat stres selama bekerja di kantor.

Ruang Menyusui

Jika Anda ingin membawa dan memberikan ASI kepada anak di kantor, minta kepada perusahaan untuk menyediakan ruang khusus untuk menyusui. Dengan begitu Anda akan lebih menjaga privasi saat menyusui dan tidak perlu pergi ke toilet untuk memompa air susu untuk bayi. Karena menyusui dalam kamar mandi bisa mencemari susu dan berakibat buruk bagi kebersihan ASI dan juga kesehatan anak.

Taruh di Kulkas

Bila ingin menyapih air susu ada baiknya menyimpan ASI tersebut di dalam kulkas. Hal ini sangat penting untuk menjaga kebersihan ASI yang ingin Anda berikan kepada anak. Pastikan kulkas di rumah bersih dan atur dengan suhu yang normal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement