Senin 17 Aug 2015 22:25 WIB
Perayaan 17 Agustus

Meriahnya Lomba Panjat Pinang di Ancol

Rep: c39/ Red: Dwi Murdaningsih
kemeriahan lomba panjat pinang di Ancol, Senin (17/8).
Foto: Republika/Muhyiddin
kemeriahan lomba panjat pinang di Ancol, Senin (17/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak lengkap perayan HUT RI tanpa aksi panjat pinang. Ratusan pohon pinang berjejer di Pantai Karnaval Taman Impian Jaya Ancol untuk memeriahkan HUT RI. Masayrakat berlomba-lomba memperebutkan hadiah yang bergelantungan seperti sepeda, dispenser, bantal leher, ember dan hadiah lainnya.

Dipucuk pohon pinang itu berkibar sang saka merah putih. Dengan antusias, para peserta seakan berloma-lomba untuk meraihnya hingga beberapa celana peserta melorot, sehingga para wisatawan pun menertawainya. Namun meski begitu, semangatnya tidaklah surut, mereka dengan bekerjasama terus ingin mencapai pucuk itu.

Setelah mencobanya beberapa kali, badan mereka pun penuh dengan oli yang dipasang pada tiang pohon pinang. Tapi, jika peserta dapat mencapai pucuk dan bisa melalui oli itu, serta bisa mengibarkan bendera di atasnya, peserta dapat meraih semua hadiah pada satu tiang pohon pinang itu dan bisa membagi-bagikannya pada seluruh anggota tim.

Acara yang digelar untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 ini diikuti tidak hanya oleh kalangan anak muda, tapi juga tampak peserta dari kalangan orang tua. Masing-masing pohon pinang itu dikuasai oleh satu tim, sedangkan dalam satu tim terdiri dari 4 orang.

“Arti kemerdekaan buat kami sebagai pekerja lebih kepada ekspresi kemerdekaan dalam bentuk kegembiraan,” kata Corporate Communication Manager PT Pembangunan Jaya Ancol, Metty Yan Harahap, Senin (17/8).

 

Metty mengatakan, Ancol menyediakan 170 pohon pinang. Namun yang berada di Pantai Karnaval hanya terdapat 150 pohon pinang. Selebihnya disebar ke wilayah lainnya di kawasan Ancol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement