Sabtu 15 Aug 2015 20:21 WIB

Cari Acara di Akhir Pekan? Coba Sambangi Festival Layang-Layang Akkarena

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Hazliansyah
Festival layang-layang di Pantai Akkarena, Makassar
Foto: Republika/Hazliansyah
Festival layang-layang di Pantai Akkarena, Makassar

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR –- Bagi anda masyarakat kota Makassar yang belum mempunyai rencana liburan di akhir pekan, anda bisa mencoba liburan di Pantai Akkarena. Di kawasan Tanjung Bunga ini, Anda dan keluarga bisa menikmati festival layang-layang yang digelar oleh pemerintah kota Makassar.

Bekerja sama dengan Museum Layang-layang Indonesia, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) kota Makassar menyelenggarakan Festival Layang-layang. Festival akan diselenggarakan selama dua hari, Sabtu–Minggu (15-16 Agustus).

Kepala Dinas Pariwista dan Ekonomi Kreatif Kota Makasar Rusmayani Majid menuturkan, pihaknya sangat senang dengan keberadaan festival layang-layang di Makassar untuk yang kedua kalinya. Dia juga berharap tahun depan Museum Layang-layang Indonesia bisa membawa kota Makassar menjadi salah satu kota dalam penyelenggaraan Festival Layang-layang Internasional.

"Kami ingin memperkenalkan dengan segala cara. Bukan hanya budaya dan musik, tapi melalui permainan pun kami bisa memperkenalkan kota ini," ujar Rusmyani.

Ketua Museum Layang-layang Indonesia Endang Ernawati mengatakan, keberadaan pantai Akkarena sebagai tempat untuk memainkan layang-layang sangat baik. Kecepatan angin di Pantai Akkarena yang tinggi bisa menjadikan tempat ini disukai pecinta layang-layang internasional.

"Di sini angin bisa ada dari pagi, sangat baik. Kami harap tahun depan bisa diundang kembali. Kami merupakan komunitas internasional dan bisa mendatangkan pemain layang-layang dari negara manapun dengan kondisi seperti ini," ujar Endang.

Festival ini sendiri akan dihadiri pemain layang-layang nasional dari Museum Layang-layang Indonesia sebanyak 20 orang. Lebih dari 400 layangan akan diterbangkan selama 2 hari.

Selain menghadirkan layangan raksasa, dalam festival ini anak-anak bisa melukis layang-layang sendiri. Nantinya layang-layang ini akan dijadikan milik pribadi untuk selanjutnya menerbangkan bersama layang-layang raksasa.

Kurniawan Eka salah satu pengunjung yang bermain di Pantai Akkarena merasa sangat senang dengan keberadaan festival ini. Selain dapat bermain di pantai, Kurniawan yang membawa kedua anakanya, mengapresiasi panitia dalam memberikan ruang publik kepada pengunjung untuk berpartisiasi dengan menyediakan layang-layang untuk dilukis oleh anak-anak.

"Jelas saya sangat senang karena acara ini bisa menjadi hiburan tersendiri bagi saya dan keluarga," ujar Kurniawan. Dia berharap kegiatan seperti ini bisa banyak dilakukan pemerintah kota untuk memberikan hiburan bagi warga Makassar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement