Jumat 14 Aug 2015 00:31 WIB

Mengintip Keindahan Pulau Magnet di Kroasia

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Pulau Jabuka Kroasia
Foto: Amusingplanet
Pulau Jabuka Kroasia

REPUBLIKA.CO.ID, Jika di Arab Saudi memiliki jalanan magnet yang bisa menarik apapun hingga bus bisa berjalan dengan sendiri. Lain halnya dengan salah satu pulau yang terdapat di Kroasia ini.

Pulau ini bernama Pulau Jabuka atau dalam bahasa Kroasia berarti apel. Jabuka merupakan sebuah pulau vulkanik yang memiliki ketinggian hingga 97 meter. Pulau ini tidak berpenghuni dan berada di laut Adrati, sekitar 52 kilometer sebelah barat dari Pulau Vis.

Jabuka juga memiliki 'saudara' lain yang berasal dari batuan vulkanik, yaitu Brusnik dan Palagruza. Ketiganya membentuk sebuah segitiga yang sering disebut "Segitiga Adriatik Vulkanik".

Seperti dilansir laman Amusingplanet Jumat (14/8) Jabuka beserta saudaranya terbentuk dari letusan magma benua bersejarah bernama Pangea. Diperkirakan, peristiwa tersebut terjadi lebih dari 200 juta tahun lalu.

Jabuka memiliki sifat magnetik karena adanya magnetit, oksida besi alami pada bebatuannya. Hal ini yang menyebabkan jarum sebuah kompas kapal menjadi kacau ketika melintas di pulau tersebut.

Laut di sekitar Jabuka kaya akan ikan-ikan yang biasa dipancing nelayan. Sejumlah spesies tanaman dan hewan laut juga banyak terlihat di sekitar Pulau Jabuka. Termasuk dua spesies endemik tanaman yang disebut knapweed dan spesies hewan kadal hitam (Lacerta Fiumana Pomoensis).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement