Kamis 13 Aug 2015 06:06 WIB

Waktu yang Tepat Berhenti Memberikan ASI pada Anak

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Ibu menyusui
Foto: momrising.org
Ibu menyusui

REPUBLIKA.CO.ID, ASI merupakan asupan gizi dan nutrisi penting bagi bayi agar ia tumbuh dan berkembang dengan otak cerdas. Namun sebagai orang tua mungkin bingung ketika ditanya kapan harus berhenti memberi ASI.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berhenti menyusui boleh dilakukan ketika bayi berumur enam bulan. Pada saat umur enam bulan ini, nutrisi dalam tubuh mereka mulai habis dan membutuhkan sumber makanan lain untuk mengimbangi kesehatannya.

Seperti dilansir oleh Boldsky Kamis (13/8) akan dijelaskan kapan waktu Anda harus berhenti memberikan ASI.

Saat bayi sering lapar

Sekitar usia enam bulan susu tidak cukup untuk menahan rasa lapar pada bayi. Pada saat ini juga Anda wajib memberikan asupan makanan lain untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisi mereka. 

Pekerjaan

Pekerjaan merupakan salah satu alasan Anda untuk berhenti memberikan ASI kepada anak. Sebagian besar wanita yang bekerja mendapatkan cuti hamil hanya enam bulan. Oleh karena itu sangat penting untuk memperkenalkan mereka pada makanan lain untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisi mereka sehingga bayi Anda tidak merasa kelaparan.

Tumbuh gigi

Setelah gigi anak tumbuh, ia tidak sengaja akan menggigit puting yang bisa menimbulkan sakit pada ibu. Biasanya sekitar enam sampai tujuh bulan anak mulai tumbuh gigi dan ini adalah waktu yang tepat untuk Anda berhenti memberikan ASI kepada anak dan mulai menyapihnya secara bertahap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement