Rabu 12 Aug 2015 07:17 WIB

Ingin Anak Cerdas, Tambahkan Durasi Memberikan ASI

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Ibu menyusui
Foto: flickr
Ibu menyusui

REPUBLIKA.CO.ID, Jika ingin bayi Anda tumbuh menjadi anak yang cerdas, berikan ASI mereka dalam jangka waktu yang lebih lama.

Dr Bernardo Lessa Horta dari Federal University of Pelotas di Brasil, melakukan riset kepada orang tua yang memiliki bayi, ia mengatakan bahwa penelitian ini memberikan bukti bahwa memberikan ASI dengan durasi yang lebih lama dapat meningkatkan kecerdasan dan membuat otak anak produktif sampai usia 30 tahun.

Horta dan rekannya menganalisis data dari studi prospektif dari hampir 6000 bayi yang lahir di Pelotas, Brasil pada tahun 1982. Ia juga berpendapat bahwa memberikan ASI eksklusif setidaknya sampai umur bayi 12 bulan.

Menurut Dr Horta, mekanisme yang mendasari kemungkinan efek menguntungkan dari ASI adalah adanya asam lemak jenuh (DHAs) di dalamnya yang berguna untuk perkembangan otak.

"Kami menemukan sebuah penelitian bahwa memberikan ASI kepada anak memiliki dampak positif terhadap perkembangan otak dan IQ nya ketika dewasa nanti."

Ia juga menambahkan bahwa semakin lama durasi para ibu memberikan ASI kepada anaknya, semakin banyak juga asupan lemak jenuh yang dapat meningkatkan kinerja otak serta IQ anak pada dewasa nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement