Selasa 11 Aug 2015 04:47 WIB

Awas, Penggunaan Bantal yang Salah Sebabkan Kematian Bayi

Rep: C02/ Red: Indira Rezkisari
Bantal untuk menyusui memudahkan ibu memberi ASI pada bayi. Tapi bantal tidak disarankan sebagai alas kepala bayi karena efeknya bisa mematikan.
Foto: ist
Bantal untuk menyusui memudahkan ibu memberi ASI pada bayi. Tapi bantal tidak disarankan sebagai alas kepala bayi karena efeknya bisa mematikan.

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orangtua yang tidak tahu bagaimana cara penggunakan bantal terhadap bayi. Petugas koroner  dari Pennsylvania, Graham Hetrick, padahal mengatakan  salah dalam penggunaan bantal saat bayi tidur bisa menyebabkan kematian bayi. 

Dari penelitiannya,  sebanyak tiga bayi meninggal dunia karena kesalahan orang tua dalam penggunaan bantal. Banyak dari orang tua menidurkan bayi menggunakan bantal yang didesain untuk menyusui. 

Bantal seperti itu tidak boleh digunakan untuk menopang kepala bayi saat tidur. Bantal menyusui, dikutip dari Popsugar, membuat ketiak kepala bayi ditopang dengan bantal. Kepala bayi pun acap kali merosok ke bawah. Sehingga kepala bayi akan menekuk dan menyebabkan saluran pernapasan bayi terhambat. 

Untuk mencegah hal ini terjadi kembali, Graham Hetrick menyarankan orang tua untuk menggunakan bantal yang sesuai dengan standar tidur bayi. Selain itu, selimut, bantal tambahan dan mainan sebisa mungkin dihindari dari area tidur bayi. Karena beberapa hal ini akan mengganggu tidur bayi dan bisa menyebabkan bayi meninggal. 

The American Academy of Pediatrics menyarankan jika selimut memang diperlukan untuk tidur bayi. Maka, jangan gunakan selimut yang longgar untuk menjaga bayi tetap hangat. Berikanlah bayi selimut yang bisa memperkuat lengan, leher, dan otot bahu bayi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement