Senin 10 Aug 2015 12:30 WIB

Makanan Tinggi Protein Bantu Cegah Konsumsi Junk Food

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Junk Food (Ilustrasi)
Foto: Womanitely
Junk Food (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Pelbagai jenis makanan junk food hampir membuat kita sulit membuat pilihan konsumsi makan sehat saat ini.

Junk food tampaknya lebih murah, lebih lezat, dan lebih mudah ditemukan. Itu sebabnya banyak orang masuk dalam lingkaran konsumsi junk food, mungkin termasuk Anda.

Daripada menghabiskan uang untuk mengkonsumsi junk food yang secara kesehatan sangat dipertanyakan. Kenapa tidak memulai mengkonsumsi berbagai makanan sehat untuk menu harian.

Berikut ini cara menghindari mengonsumsi junk food pada daftar makanan harian, dilansir dari Womanitely, Selasa (10/8).

Pertama, tingkatkan asupan sayuran. Biasanya jika Anda menginginkan junk food itu pertanda Anda kurang nutrisi. Ini menunjukan Anda harus memulai mengkonsumsi cukup vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Sayuran hijau diperkaya nutrisi penting seperti magnesium. Nutrisi ini membantu mengolah protein, lemak, dan karbohidrat secara baik dari makanan yang Anda makan.

Kedua, mengkonsumi makanan berprotein saat pagi hari. Memakan protein saat sarapan merupakan cara sederhana untuk membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Ditambah lagi ini bisa membantu menurunkan gula darah dan melawan keinginan mengkonsumsi junk food. Memakan semangkuk oatmeal atau telur orak-arik akan membantu meningkatkan asupan protein.

Ketiga, memakan kacang-kacangan mentah. Daripada memilih junk food sebagai camilan, kenapa tidak makan kacang-kacangan mentah seperti almond, kenari, kacang mete yang kaya akan protein dan lemak baik. Alternatif dari makanan kacang adalah dengan mengubahnya menjadi keripik, kue, atau permen.

Keempat, meminum infused water. Beberapa waktu lalu minuman ini cukup populer di Indonesia. Dengan menaruh irisan buah di dalam wadah yang berisi air dan mendiamkannya selama semalam akan menghasilkan air putih yang lebih segar. Dengan meminum beberapa gelas sehari, Anda akan terhindar dari dehidrasi dan menjaga keinginan makan junk food.

Mengonsumsi junk food sesekali memang tidak akan mendatangkan mala petaka begitu besar, tapi bagaimana jika Anda kecanduan? Sering kali ini menuju pada penyakit-penyakit serius. Jadi masih berpikir mau mengonsumsi junk food?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement