Senin 10 Aug 2015 11:07 WIB

Cara Ampuh Melawan Keinginan Makan Junk Food

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Makanan cepat saji atau junk food.
Foto: pixabay
Makanan cepat saji atau junk food.

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini makanan junk food begitu mudah ditemui. Anda tidak cukup berjalan jauh atau berlama-lama memasak, cukup dengan menelfon, makanan tersebut sudah hadir di depan mata Anda.

Godaan junk food memang sulit dihindari, tapi ini merupakan makan yang tidak baik bagi tubuh. Apalagi jika dikonsumsi terus setiap hari.

Dilansir dari Womanitely, Senin (10/8), berikut ini cara melawan untuk tidak mengidam-idamkan junk food pada daftar menu makanan atau camilan Anda.

Pertama, biasakan menambah sayuran dalam makanan favorit Anda. Lebih bagus lagi jika sayuran itu masih mentah. Coba sedikit demi sedikit menambahkan sayuran pada menu makanan. Dengan cara bertahap memakan sayuran, keinginan untuk memakan junk food akan memudar. Sayuran tinggi nutrisi akan mencegah Anda mengonsumsi makanan tidak sehat secara berlebihan.

Kedua, pilih buah sebagai makanan ringan. Jika Anda masih sulit memakan sayuran mentah, pastikan Anda tidak melupakan untuk mengonsumsi buah. Anda dapat menikmati buah seperti jeruk, stroberi, pisang, ceri, apel, mangga dan buah-buahan lain yang bisa dibuat salad. Atau Anda juga bisa mencampurkan buah-buahan tersebut dengan makanan lain seperti yoghurt atau dibuat smoothie. Ini tidak hanya mencegah Anda menghindari makanan junk food, tapi juga membuat sistem kekebalan tubuh Anda semakin baik.

Tiga, buat aktivitas luar ruangan. Mungkin ini terdengar tidak masuk akal, tapi percayalah, bahwa kebanyakan orang memakan junk food ketika mereka merasa bosan, stres atau depresi. Berjalan-jalan keluar akan membuat Anda melakukan kegiatan badan atau melakukan meditasi sehingga bisa menghilangkan segala beban pikiran.

Keempat, minum segelas air putih sebelum makan. Salah satu trik diet untuk mengurangi makan berlebihan adalah dengan meminum segelas air sebelum makan. Anda akan merasakan perbedaan langsung dari trik ini. Dengan trik ini Anda akan belajar mengenali sinyal lapar dan akan makan dengan penuh perhatian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement