Sabtu 08 Aug 2015 16:46 WIB

Wow, Wisatawan Cina Diprediksi Melonjak Hingga 174 Juta Jiwa

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Turis asal Cina sedang menikmati liburannya di Chiang Mai, Thailand. Peningkatakan ekonomi Cina membuat turis Cina membanjiri sejumlah obyek wisata di seluruh dunia.
Foto: AP
Turis asal Cina sedang menikmati liburannya di Chiang Mai, Thailand. Peningkatakan ekonomi Cina membuat turis Cina membanjiri sejumlah obyek wisata di seluruh dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, Ekonomi Cina memang melambat. Pasar saham juga bagaikan sebuah gelembung. Banyak perusahaan tak mampu melanjutkan bisnisnya. Mengubah pegawai jadi wirausahawan.

Tapi Cina merupakan negara dengan ekonomi nomor dua dunia. Tidak ada  yang bisa jauh dari Cina. Negara itu bisa bertambah kaya. Jutawan bisa menjadi miliader. Kenyataannya, jumlah miliader di sana meningkat. Dan mereka berlibur keliling dunia dan menginap di hotel bintang lima.

Menurut survei baru-baru ini yang dilakukan Hotels.com, wisatawan Cina terus keliling dunia. Angkanya naik 20 persen menjadi 107 juta pada tahun 2014. Wisatawan Cina ini juga lebih muda, lebih berpikiran independen, paham teknologi, dan doyan belanja.

Dari survei terhadap 3.000 wisatawan internasional Cina dan 1.500 hotel di seluruh dunia, dihasilkan Chinese International Travel Monitor yang dirilis akhir bulan Juli. Survei bertujuan melihat tren pertumbuhan wisatawan internasional Cina dan dampaknya terhadap industri perjalanan global.

Seperti dilansir dari laman Forbes, Sabtu (8/8), mereka dapat memprediksi jumlah wisatawan Cina pergi keluar sekitar 174 juta pada 2019 dan turis ini menghabiskan sekitar 264 miliar dolar per tahun. Kurang lebih setara dengan produk domestik bruto (PDB) dari negara maju seperti Singapura.

Menurut Hotels.com, pada tahun 2015, berdasarkan kota yang paling banyak dicari di internet oleh wisatawan Cina, mereka akan lebih banyak mengunjungi kota-kota sepertti Vancouver di Kanada, Toronto dan Montreal, Markham, Banff, Niagara Falls, Calgary, Victoria dan Whistler. Toronto adalah destinasi yang paling populer bagi wisatawan internasional.

Menurut Hotel Price Index terakhir, Vancouver dan empat kota di barat lainnya merupakan tempat paling banyak dikunjungi wisatawan Cina. Sayangnya, Kanada bahkan tidak masuk menjadi 10 besar.

Menurut National Tourism Association of China, kegiatan keluar turis Cina mencapai lebih dari 100 juta untuk pertama kalinya tahun lalu, naik 19 persen dari tahun 2013. Asia menerima sebagian besar pengunjung Cina, lebih dari 85 juta. Di antara kawasan Asia, Hongkong merupakan tujuan paling favorit. Dan tempat kedua yang banyak dikunjungi wisatawan adalah kota perjudian Macau. Bersama mereka menerima sekitar 70 persen turis tahun lalu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement