Jumat 07 Aug 2015 12:00 WIB

Manjakan Kaki dengan Lima Cara Mudah Ini

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari
Kaki tidak boleh ketinggalan untuk dirawat. Memanjakan kaki tidak hanya menyenangkan tapi juga membuatnya sehat.
Foto: pixabay
Kaki tidak boleh ketinggalan untuk dirawat. Memanjakan kaki tidak hanya menyenangkan tapi juga membuatnya sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, Mereka yang senang berplesiran seperti naik gunung, ke pantai, atau berpetualang ke hutan dan sawah setelahnya kerap khawatir. Takut hobinya bisa menimbulkan kaki terinfeksi jamur atau kaki menjadi kering.

Untuk mengatasinya coba lakukan lima langkah ini, seperti dikutip dari Idiva, Jumat (7/8).

Eksfoliasi kaki dengan scrub kopi

Untuk menghilangkan semua kulit mati di kaki Anda, kelupaslah dengan scrub kopi. Kopi mengandung senyawa yang membantu proses pembersihan dan bahkan meringankan daerah tersebut. Kopi juga bertindak sebagai relaksan yang membantu meremajakan kaki anda yang lelah atau pegal. 

Caranya cukup dengan cara mengambil kopi, garam laut, dan tepung jagung lalu campurkan ketiganya. Tambahkan beberapa tetes minyak almond. Lalu gosoklah kaki dengan campuran kopi tadi untuk membantu pengelupasan kulit mati di kaki.

Atasi bau kaki

Jika kaki Anda bau seusai berjalan di air kotor, coba rendam kaki Anda dalam air hangat  yang dicelupkan kantong teh untuk menyerap semua bau. 

Atasi bau sepatu

Kantong teh juga dapat mengatasi bau sepatu. Jika Anda ingin udara segar di sepatu, dapat menempatkan kantong teh kering di dalamnya dan membiarkannya selama beberapa jam. Kantong teh akan menyerap semua kelembaban serta bau di area sepatu.

Air rendaman 

Merendam kaki dapat membuat kaki lembut dan rileks. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mencampur bagian yang sama dari Cuka dan gliserin dalam air hangat dan rendam kaki Anda dalam campuran ini.

Pijatan untuk atasi peradangan kaki

Berjalan-jalan di sepatu yang basah dapat menyebabkan kaki tertekan dan tak nyaman. Atasi hal ini dengan pijatan sederhana. Isi setengah dari botol plastik melengkung dengan air dan bekukan. Gulung botol ini di bawah kaki Anda untuk meringankan rasa sakit atau peradangan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement